Tautan-tautan Akses

AS

Menlu Pompeo Desak Senat AS agar Tak Abaikan Kondisi di Yaman


Menlu AS Mike Pompeo memberikan keterangan kepada media setelah "pertemuan tertutup" dengan beberapa Senator terkait Arab Saudi dan Yaman, Rabu (28/11).

Menteri Luar Negeri Amerika, Mike Pompeo dan Menteri Pertahanan Jim Mattis membela keterlibatan AS dalam perang di Yaman, di mana ribuan penduduk sipil telah tewas akibat pemboman dalam perang yang dipimpin pasukan Arab Saudi melawan pemberontak Houthi yang didukung Iran.

Dalam keterangan kepada anggota Komisi Senat AS, yang disampaikan menjelang sidang tertutup hari Rabu (28/11), Pompeo mengatakan, "Penderitaan di Yaman membuat saya sedih, tetapi jika Amerika tidak terlibat di Yaman, keadaan di sana akan menjadi neraka yang jauh lebih buruk."

Menlu AS itu juga mengumumkan di Twitter: "Hampir $ 131 juta bantuan makanan tambahan untuk #Yemen." Dia mengatakan jumlah itu menjadikan "jumlah bantuan kemanusiaan lebih dari $ 697 juta selama 14 bulan terakhir."

Secara terpisah, Senat AS akan dijadwalkan melakukan pemungutan suara seawal hari Rabu, sebagai langkah untuk memaksa pemerintah Trump menarik dukungan militer AS dalam konflik yang menyebabkan jutaan orang terancam bahaya kelaparan. (ps/al)

XS
SM
MD
LG