Tautan-tautan Akses

Menhan AS: Arab Saudi Mainkan Peran Penting bagi Stabilitas Timur Tengah


Menhan AS Jim Mattis (kanan) menerima Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman di Pentagon, Washington DC 22 Maret 2018 lalu (foto: dok).

Menteri Pertahanan AS, Jim Mattis mengatakan kepada para senator, bahwa peran "mendasar" Arab Saudi dalam mempertahankan stabilitas di Timur Tengah tidak bisa ditepiskan (diabaikan), bahkan ketika Amerika mencari pertanggungjawaban atas pembunuhan terhadap wartawan Saudi, Jamal Khashoggi, di konsulat Riyadh di Turki bulan lalu.

"Kita harus mempertahankan dua persyaratan kita dalam memegang mereka yang bertanggung jawab atas pembunuhan itu, sementara mengakui kenyataan bahwa Arab Saudi sebagai mitra strategis yang diperlukan," kata Mattis.

Ia menambahkan, "Kita tidak bisa mengelak dari menggunakan semua pengaruh kita untuk mengakhiri perang (Yaman) demi kebaikan orang yang tidak bersalah sedang dalam kesulitan, dan pada akhirnya keselamatan rakyat kita sendiri, dan ini termasuk keterlibatan militer kita."

Mattis dan Menlu AS, Mike Pompeo menjelaskan kepada Senator AS tentang pembunuhan itu, di tengah-tengah keprihatinan anggota kedua belah partai, yang tidak dihadiri oleh Direktur CIA, Gina Haspel.

Menurut laporan-laporan berita, CIA menilai bahwa Salman yang memerintahkan Khashoggi dibunuh. Arab Saudi membantah tuduhan itu, menyalahkan kematian itu pada agen-agen nakal. (ps/al)

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG