Tautan-tautan Akses

Sejumlah Badan Amal Kepada AS: Hentikan Dukungan Terhadap Koalisi Saudi di Yaman 


Seorang gadis yang menderita kekurangan gizi ditimbang di Pusat Kesehatan Aslam di Hajjah, Yaman, 25 Agustus 2018. (Foto: dok).
Seorang gadis yang menderita kekurangan gizi ditimbang di Pusat Kesehatan Aslam di Hajjah, Yaman, 25 Agustus 2018. (Foto: dok).

Lima badan amal internasional mendesak Amerika Serikat agar menghentikan semua dukungan militer terhadap koalisi pimpinan Saudi yang melawan pemberontak Syiah untuk menyelamatkan jutaan nyawa di Yaman.

Desakan tersebut disebutkan dalam sebuah pernyataan bersama hari Senin (26/11) oleh International Rescue Committee, Oxfam America, CARE US, Save the Children, and Dewan Pengungsi Norwegia (Norwegian Refugee Council).

Pernyataan itu juga mengatakan jika Washington tidak menghentikan dukungannya terhadap koalisi tersebut, ‘Amerika pun juga akan bertanggung jawab atas kemungkinan kelaparan terbesar dalam beberapa dekade.’

Pernyataan bersama itu menambahkan, 14 juta orang beresiko mati kelaparan di Yaman jika pihak-pihak yang terlibat dalam konflik tidak segera mengubah arah haluan mereka.

Koalisi pimpinan Saudi dukungan AS telah mengobarkan perang melawan pemberontak yang dikenal sebagai Houthi sejak Maret 2005. Sejak itu, puluhan ribu orang telah tewas. [mg/lt]

XS
SM
MD
LG