Tautan-tautan Akses

AS

Senat AS akan Putuskan RUU Pajak


Ketua mayoritas Senat AS, Senator Mitch McConnell berbicara kepada media di Gedung Capitol (foto: dok).

Presiden Amerika Donald Trump hari Kamis (19/10) mengatakan ia hampir pasti para pemimpin Republik di Senat berhasil mendapat cukup dukungan untuk meloloskan rancangan undang-undang anggaran yang akan membantu mereka menyetujui undang-undang perpajakan.

"Orang-orang Republik akan mengupayakan persetujuan Anggaran hari ini, langkah pertama menuju pemotongan pajak besar-besaran. Menurut saya, cukup dukungan untuk itu, tetapi kita lihat saja nanti?," ujar Trump dalam cuitannya.

Kamis siang, Trump mengatakan kepada wartawan di Gedung Putih, "Menurut saya, kita akan meraih suara yang cukup untuk anggaran, yang akan menjadi fase pertama reformasi dan pemotongan pajak besar- besaran."

Senat dijadwalkan melakukan pemungutan suara hari Kamis mengenai resolusi untuk menetapkan kerangka anggaran federal tahun fiskal 2018. RUU itu berisi aturan legislatif yang memungkinkan Senat, yang dikuasai Partai Republik dengan margin 52 dan 48, menyetujui Rancangan Undang-Undang perpajakan dengan mayoritas sederhana, bukan seperti biasanya, yang membutuhkan 60 suara.

Jika semua anggota fraksi Republik mendukung, Rancangan Undang-Undang itu bisa disetujui tanpa dukungan Demokrat.

Senat dan Dewan Perwakilan Rakyat harus menyepakati resolusi anggaran untuk tahun fiskal berikutnya supaya Partai Republik bisa memberlakukan rancangan undang-undang pajak yang akan diajukan kepada presiden Trump untuk ditandatangani akhir tahun ini. [ka/ds]

XS
SM
MD
LG