Tautan-tautan Akses

AS

Presiden Trump Klaim Kerjasama Sangat Baik dengan Legislator Partai Republik


Wartawan mengangkat tangan mereka, menunggu giliran untuk mengajukan pertanyaan kepada Presiden Donald Trump dan Pemimpin Mayoritas Senat AS, Mitch McConnell dari Kentucky, di Taman Mawar Gedung Putih, Senin, 16 Oktober 2017. (AP Photo / Pablo Martinez Monsivais)

Presiden Donald Trump mengatakan ia memiliki hubungan yang sangat baik dengan sesama anggota partai Republik di Kongres. Setelah pertemuan dengan makan siang bersama hari Senin (16/10), Trump mengatakan ia “lebih dekat daripada sebelumnya” dengan pemimpin mayoritas di Senat Mitch McConnel, anggota partai Republik dari Kentucky yang sebelumnya ia persalahkan karena gagal mencapai agenda partai itu. Trump dan McConnell menjanjikan tindakan cepat untuk merombak layanan kesehatan Amerika dan memangkas pajak.

Presiden Donald Trump dan anggota terkemuka partai Republik di Senat menunjukkan sikap bersatu pada konferensi pers hari Senin (16/10). Trump mengatakan ia dan McConnell telah berteman sejak lama dan hubungan mereka sekarang ini “lebih dekat daripada sebelumnya.”

"Hubungan saya dengan orang ini luar biasa, selama ini luar biasa. Kami bekerja sangat keras untuk memangkas pajak, kami akan terus bekerja keras untuk menuntaskan masalah layanan kesehatan," kata Trump.

Trump menyangkal klaim mantan penasihat utamanya Steve Bannon bahwa ia berselisih dengan para anggota fraksi Republik di Kongres, dan terutama McConnell, karena mereka tidak membantunya memenuhi janji-janji kampanyenya.

"Steve melakukan apa yang ia pikir adalah hal yang benar. Sebagian orang yang ia lihat mungkin demikian, saya akan lihat apakah kita dapat meyakinkannya bahwa itu tidak benar, karena terus terang mereka adalah orang-orang yang hebat. Apa yang Mitch akan sampaikan adalah itu mungkin dengan perkecualian sedikit orang, dan itu artinya sangat sedikit, saya memiliki hubungan yang fantastis dengan orang-orang di Senat dan dengan orang-orang di Kongres, maksud saya dengan DPR," lanjut Trump.

Tetapi belum lama ini, Trump mencela pemimpin mayoritas di Senat itu setelah ia gagal menggalang dukungan para senator untuk mencabut dan mengganti Undang-Undang Layanan Kesehatan Terjangkau yang dikenal juga sebagai Obamacare. Pada rapat kabinet hari Senin, presiden mengritik para anggota fraksi Republik di Senat.

"Kita belum menyelesaikan tugas. Dan saya tidak akan menyalahkan diri saya sendiri, saya akan bersikap jujur. Mereka belum menyelesaikan tugas. Kita telah memiliki legislasi layanan kesehatan yang disetujui dan kemudian ada suara kejutan dari John McCain. Kita telah membuat hal-hal lain tercapai dan mereka belum menyelesaikan tugas," kata Donald Trump.

Agenda domestik utama Trump antara lain mengganti Obamacare dengan rencana kesehatan baru dari partai Republik dan memangkas pajak. McConnell mengatakan kepada para wartawan bahwa ia setuju sepenuhnya dengan presiden.

"Bertentangan dengan apa yang mungkin sebagian dari Anda telah laporkan, kami bersama sepenuhnya mendukung agenda untuk memajukan Amerika ini," kata Mitch McConnel.

Fraksi Republik menjadi mayoritas di kedua majelis di Kongres Amerika. Tetapi seluruh 435 kursi di DPR akan diperebutkan dalam pemilihan November 2018 selain sepertiga dari 100 kursi di Senat. Jika mereka tidak memenuhi janji-janji mereka karena perselisihan internal, fraksi Republik bisa kehilangan mayoritas yang diperlukan untuk terus berada dalam posisi di atas angin. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG