Tautan-tautan Akses

AS

Sebagian Warga Florida Pulang, Pemulihan pasca Badai Irma akan Lama 


Seorang warga di Jacksonville, Florida berusaha menyelamatkan mobilnya setelah terendam banjir akibat badai Irma (11/9).

Sebagian penduduk Florida mulai kembali ke rumah mereka hari Selasa setelah bencana hebat akibat Badai Irma, tetapi para pejabat memperingatkan usaha pemulihan akan membuat frustrasi dan memerlukan waktu lama.

"Kehancuran yang diakibatkan oleh Badai Irma jauh lebih besar, setidaknya di lokasi tertentu, dari yang diperkirakan," kata Presiden Donald Trump dalam sebuah komentar Twitter. Ia menambahkan bahwa banyak orang telah bekerja keras.

Tim pekerja darurat menyelamatkan lebih banyak korban yang menderita karena banjir, memperbaiki jalan, membersihkan puing-puing dan mulai memulihkan aliran listrik bagi jutaan rumah dan bisnis.

Kepala Manajemen Darurat Federal, Brock Long mengatakan diperlukan waktu lama bagi negara bagian itu untuk pulih, terutama di Florida Keys, serangkaian pulau di ujung selatan negara bagian, di mana katanya, seperempat dari seluruh rumah hancur dan 65 persen menderita kerusakan besar.

"Pada dasarnya, setiap rumah di Florida Keys terkena dampak," katanya tentang kepulauan di mana 70.000 orang tinggal, dan banyak dikunjungi wisatawan untuk menikmati liburan di pantai.

"Usaha pemulihan Ini akan membuat frustrasi," kata Long.

"Diperlukan waktu bagi orang- orang untuk kembali ke rumah mereka, terutama di Florida Keys," tambahnya.

Long menuju ke wilayah amerika Puerto Rico dan Virgin Island, di mana Badai Irma meninggalkan jejak kehancuran ketika melintasi Karibia minggu lalu sebelum mencapai Florida Keys dan kemudian menghantam daratan di semenanjung Florida, dengan hujan deras dan angin kencang, yang mencapai puncaknya lebih dari 200 kilometer per jam, hari Minggu.

Gubernur Florida Rick Scott mengatakan, para pejabat terus memeriksa 42 jembatan yang menghubungkan Florida Keys . Dia mengatakan tidak ada kerusakan serius , tetapi menyarankan jangan menggunakan kendaraan-kendaraan berat ketika melintasi jembatan-jembatan itu.

Penduduk diizinkan kembali ke beberapa pulau di Upper Keys, yang terdekat dengan bagian daratan Florida. Tapi penghalang jalan yang dipasang pemerintah mencegah orang pergi ke pulau- pulau yang lebih jauh.

Sekitar tujuh juta orang di seluruh Florida dan negara-negara bagian yang berdekatan masih tidak punya listrik, dan 23.000 petugas kelistrikan dari Florida dan ribuan lainnya dari negara bagian lain mulai memperbaiki kawat-kawat listrik yang putus.

Tetapi para pejabat mengatakan mungkin berminggu-minggu sebelum semua jaringan listrik dipulihkan kembali. [sp/ii]

XS
SM
MD
LG