Tautan-tautan Akses

AS

Irma Melemah Menjadi Badai Tropis


Sebuah kendaraan petugas taman terjebak banjir di tempat parkir Haulover Park saat Badai Irma menghantam kawasan North Miami Beach, Florida, 10 September 2017.

Irma diperkirakan melemah menjadi badai tropis, Senin, sewaktu bergerak semakin memasuki Florida bagian Utara dan Georgia bagian Selatan, menurut Pusat Badai Nasional AS (NHC).

Namun, para peramal cuaca memperingatkan, gelombang yang diakibatkan Irma di sepanjang pantai AS bagian Tenggara masih mungkin menciptakan arus pasang yang membahayakan jiwa.

Selain itu, pusat badai juga memperingatkan, tornado kemungkinan datang melintasi bagian Timurlaut Florida,bagian Selatan Georgia, dan South Carolina hingga Senin malam.

Minggu malam (10/9), Irma bergerak dengan kecepatan angin 155 kilometer per jam.

Sebelum menghantam AS, Irma memporakporandakan Kepulauan Karibia, yang kini bersiap menghadapi Badai Jose, dengan kecepatan 185 kilometer per jam.

Irma juga merusak Florida, negara bagian dengan jumlah penduduk terbanyak ketiga di AS. Lebih dari tiga juta orang di Florida tidak mendapat aliran listrik Minggu malam (10/9) setelah Irma menghantam beberapa wilayah negara bagian itu dengan kecepatan angin lebih dari 200 kilometer per jam.

Badai Jose diperkirakan akan melemah menjelang pertengahan pekan ini. Namun, para peramal cuaca memperkirakan gelombang yang diakibatkan Jose bisa membahayakan beberapa bagian dari Pulau Hispaniola, Kepualaun Bahama serta Kepulauan Turks dan Caicosselama beberapa hari mendatang. [ab/lt]

XS
SM
MD
LG