Tautan-tautan Akses

RAN: Kemenangan di FFI Jadi Kado untuk Lombok


Kelompok musik RAN memenangkan "Lagu Tema Terbaik" di FFI 2018 untuk lagu dan soundtrack film "Kulari ke Pantai." (Courtesy: RAN)
Kelompok musik RAN memenangkan "Lagu Tema Terbaik" di FFI 2018 untuk lagu dan soundtrack film "Kulari ke Pantai." (Courtesy: RAN)

Film “Kulari ke Pantai” memenangkan Festival Film Indonesia 2018 untuk kategori “Lagu Tema Terbaik.” Kelompok musik RAN yang meramu lagu itu mengatakan “ini hadiah untuk Lombok.” Mengapa?

Sebagai film anak-anak, film “Kulari ke Pantai” yang dirilisi Juni lalu, mendapat sambutan luar biasa. Selain karena memang sudah cukup lama tidak ada film anak-anak yang muncul di layar bioskop Indonesia, tema tak biasa yang diangkat Mira Lesmana dan Riri Riza ini membuat banyak keluarga menjadikan film ini sebagai “tontonan wajib” ketika itu. Tetapi tidak banyak yang mengira film ini akan memenangkan Festival Film Indonesia 2018 untuk kategori “Lagu Tema Terbaik” mengalahkan beberapa nominasi lain.

Soundrack film “Kulari ke Pantai” itu digarap oleh kelompok musik beraliran jazz, R&B, funk dan hiphop – RAN. Kelompok yang beranggotakan Rayi Putra Rahadjo, Astono “Asta” Andoko dan Anindyo “Nino” Baskoro secara khusus membuat video musik lagu itu di Lombok, jauh sebelum gempa pertama pada bulan Juli. Itulah sebabnya RAN merasa sangat spesial ketika mengetahui lagu itu memenangkan penghargaan bergengsi Festival Film Indonesia 2018.

Salah seorang pentolan RAN, Anindyo “Nino” Baskoro, mengatakan hadiah ini bisa jadi kado untuk Lombok yang sekarang sedang bangkit. (Courtesy: RAN)
Salah seorang pentolan RAN, Anindyo “Nino” Baskoro, mengatakan hadiah ini bisa jadi kado untuk Lombok yang sekarang sedang bangkit. (Courtesy: RAN)

“Yang pasti RAN senang banget bisa meraih penghargaan menjadi penulis lagu terbaik di FFI 2018. Yang lebih spesial lagi lagu “Kulari ke Pantai,” video musiknya dilaksanakan di Lombok sebelum terjadi bencana, terus kemudian waktu dengar kabarnya kita pas banget lagi di Lombok, baru turun dari panggung,” ujar Nino, salah seorang personil RAN kepada VOA Senin malam (10/12).

“Ini jadi kado yang baik untuk Lombok yang sekarang lagi bangkit lagi. Moga-moga lagu “Kulari ke Pantai” bisa menguatkan Lombok,” tambahnya di sela-sela mengisi acara di Jakarta.

Mira Lesmana, selaku produser film “Kulari ke Pantai,” mewakili RAN untuk menerima penghargaan itu pada malam penganugerahan Piala Citra 2018 di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Minggu malam (9/12). “Ini buat Rayi, Asta dan Nino. Untuk lagu tema terbaik, sayang mereka tidak bisa hadir,” ujar Mira di atas panggung. Kantor berita Antara melaporkan Mira mengaku optimis lagu yang diciptakan RAN akan menjadi yang terbaik dalam ajang FFI 2018.

“Kami senang bisa bekerjasama dengan mereka (RAN). Sangat fun, energinya bagus dan senang bisa bekerjasama,” ujar Mira sebagaimana dikutip Antara. Ia juga optimis kemenangan ini akan membuatnya melanjutkan kerjasama dengan RAN dan sekaligus mendorong lahirnya film anak-anak lainnya.

Nino sendiri kepada VOA mengatakan sedang mempersiapkan proyek baru RAN. “Next project RAN sendiri masih rahasia sii, jadi belum terlalu banyak yang bisa diberitahukan disini. Tapi yang jelas kita akan merilis sesuatu di tahun depan. Tungguin aja ya!” ujarnya menutup pembicaraan. (em)

Recommended

XS
SM
MD
LG