Tautan-tautan Akses

Raja Salman Temui Tokoh Islam di Istana Merdeka


Raja Saudi Salman didampingi Presiden Jokowi dan Imam Besar Masjid Istiqlal Nasarudin Umar di Masjid Istiqlal Jakarta, Kamis 2/3 (Foto: Setpres RI).

Raja Salman Bin Abdul Aziz Al Saud bertemu dengan sejumlah tokoh Islam di Istana Merdeka Jakarta. Pada hari kedua kunjungannya di Indonesia ini Raja Salman juga mengunjungi Masjid Istiqlal Jakarta.

Raja Salman Bin Abdul Aziz Al Saud didampingi Presiden Joko Widodo kamis siang melakukan pertemuan dengan sejumlah tokoh Islam di Istana Merdeka Jakarta. Pertemuan ini merupakan rangkaian agenda kunjungan kenegaraan Raja Salman di Indonesia.

Hadir dalam pertemuan tersebut sejumlah tokoh-tokoh Islam di Indonesia antara lain Ketua Majelis Ulama Indonesia Kyai Haji Ma’ruf Amin, Profesor Yunahar Ilyas dari Muhamadiyah, Habib Muhammad Luthfie dari Pekalongan, Ustadz Arifin Ilham dan juga Ustadz Yusuf Mansur.

Menteri Agama Lukman Hakim Syaifudin yang turut hadir dalam pertemuan tersebut mengatakan, para tokoh-tokoh Islam tersebut menyampaikan rasa terima kasih atas kunjungan raja Salman ke Indonesia.

“Intinya para tokoh-tokoh islam di Indonesia itu pertama menyampaikan rasa syukur atas kehadiran Raja Salman lalu kemudian berterima kasih atas kerja sama dan perhatian yang luar biasa yang telah diberikan pemerintah Saudi Arabia kepada Indonesia dan lalu menyampaikan beberapa harapan agar hubungan yang baik ini dapat lebih dikuatkan.. lalu juga persoalan haji bisa lebih ditingkatkan kualitasnya,“ ungkap Lukman.

Pertemuan Raja Salman, Presiden Jokowi dan Para Tokoh Islam di Istana Merdeka Jakarta, Kamis 2/3 (Foto: Setpres RI).
Pertemuan Raja Salman, Presiden Jokowi dan Para Tokoh Islam di Istana Merdeka Jakarta, Kamis 2/3 (Foto: Setpres RI).

Salah satu tokoh yang hadir adalah Putri Mendiang Gus Dur, Yeni Wahid, yang mewakili The Wahid Institute. Usai pertemuan, Yeni mengungkapkan apa saja yang dibahas dalam pertemuan tersebut.

“Yang banyak terungkap dalam diskusi tadi adalah keinginan agar kita bersama-sama membangun kerja sama yg lebih intensif terutama dalam menegakan.. atau mengkampanyekan Islam yang yang lebih toleran kemudian juga bersama-sama memerangi terorisme,” tutur Yeni.

Yeni menambahkan kunjungan Raja Salman ke Indonesia ini merupakan kunjungan historik, menurutnya secara geopolitik Indonesia mempunyai peran strategis yang luar biasa sehingga membuat banyak negara-negara menginginkan untuk membangun kerja sama dengan Indonesia.

Sebelum bertemu para tokoh Islam di Istana, Raja Salman juga mengunjungi Masjid Istiqlal bersama Presiden Jokowi. Keduanya menunaikan shalat tahiyatul masjid di Masjid Istiqlal. Raja Salman juga menyerahkan cendera mata berupa potongan kiswah atau kain penutup ka’bah kepada Masjid Istiqlal.

Hari Jumat (3/3) besok Raja Salman diagendakan untuk melakukan pertemuan dengan sejumlah tokoh lintas Agama di Jakarta. [au]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG