Tautan-tautan Akses

Ribuan Sambut Kedatangan Raja Saudi di Indonesia

  • Associated Press

Raja Arab Saudi, Salman bin Abulaziz al-Saud. (Foto: Dok)

Raja Arab Saudi pertama yang mengunjungi Indonesia dalam hampir 50 tahun terakhir tiba di Jakarta Rabu (1/3), disambut upacara resmi dan ribuan orang.

Raja Salman turun dari pesawatnya di bandar udara Halim Perdanakusuma menggunakan eskalator, dan pada ketinggian sekitar 1 meter dari landasan, turun dengan menggunakan lift.

Ia disambut Presiden Joko "Jokowi" Widodo dan Gubernur Basuki "Ahok" Tjahaja Purnama, yang sedang menghadapi gugatan penistaan agama.

Raja kemudian dibawa dalam konvoi yang dijaga ketat ke Istana Presiden di Bogor, di mana puluhan ribu orang berbaris sepanjang jalan.

Media lokal melaporkan bahwa patung-patung laki-laki dan perempuan tanpa busana di Istana akan ditutupi kain untuk menghormati para tamu Saudi. Langkah yang sama diambil ketika Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe berkunjung Januari lalu.

Salman sedang melakukan rangkaian kunjungan ke negara-negara Asia untuk meningkatkan hubungan dan bisnis. Dalam perhentian pertama ke Malaysia, raksasa minyak Saudi Aramco menandatangani kontrak US$7 miliar untuk mendapat saham 50 persen di sebuah kilang minyak Malaysia.

Pemerintah Indonesia telah mengatakan bahwa rombongan dan delegasi Salman mencapai sekitar 1.500 orang. Ia akan melewatkan enam dari sembilan hari kunjungannya di Indonesia untuk berlibur di Bali.

Arab Saudi dan Indonesia diperkirakan akan menandatangani 10 perjanjian selama kunjungan Salman, untuk sektor-sektor mulai dari agama sampai pendidikan dan ilmu pengetahuan. Pemerintah telah mengatakan mereka berharap kunjungan ini akan menghasilkan investasi baru senilai $25 miliar. [hd]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG