Tautan-tautan Akses

Produser Musik Eksentrik Phil Spector Tutup Usia


Produser Musik Phil Spector (foto: dok).

Phil Spector, produser musik eksentrik dan revolusioner yang mengubah musik rock dengan metode “Wall of Sound,” dan sempat dijatuhi hukuman karena melakukan pembunuhan, meninggal dunia dalam usia 81 tahun.

Pejabat lembaga pemasyarakatan di negara bagian California mengatakan Spector meninggal dunia hari Sabtu (16/1) karena sebab-sebab alamiah di rumah sakit.

Spector dihukum karena membunuh aktris Lana Clarkson pada tahun 2003 di rumahnya yang mirip kastil di pinggir kota Los Angeles. Pada tahun 2009 Spector divonis hukuman penjara 19 tahun.

Clarkson, yang merupakan bintang film “Barbarian Queen” dan film-film kategori B lainnya, ditemukan tewas tertembak di serambi kediaman Spector yang menghadap ke Alhambra, sebuah kota sederhana di pinggiran Los Angeles.

Hanye sedikit orang yang tahu bahwa rumah mewah itu merupakan milik produser yang tertutup itu hingga kasus pembunuhan Clarkson. Spector bersikeras kematian Clarkson karena “bunuh diri yang tidak disengaja.”

Spector menghabiskan tahun-tahun terakhirnya di sebuah rumah sakit penjara di timur kota Stockton.

Puluhan tahun sebelumnya, Spector dipuji sebagai sosok visioner yang berhasil menyalurkan ambisi mereka yang menggemari komposisi musik Richard Wegner – atau biasa disebut Wagnerian – ke dalam lagu berdurasi tiga menit “Wall of Sound” yang menggabungkan harmoni vokal yang bersemangat dengan aransemen orkestra yang mewah. Hal ini menghasilkan lagu-lagu pop seperti “Da Doo Ron Ron,” “By My Baby,” dan “He's a Rebel.”

Spector adalah seniman langka yang sadar akan kemampuan dirinya pada tahun-tahun awal munculnya aliran musik rock, dan memupuk citra sebagai sosok yang misterius dan berkuasa.

Tom Wolfe menyebutnya sebagai “the first tycoon of teen.” Sementara Bruce Springsteen dan Brian Wilson secara terbuka meniru teknik rekamannya yang megah dan romantis. Mendiang John Lennon dulu menyebutnya sebagai “produser rekaman terhebat yang pernah ada.” [em/jm]

XS
SM
MD
LG