Tautan-tautan Akses

AS

Presiden Trump Ajukan Dana Hampir 8 Miliar Dolar untuk Pemulihan Pasca Harvey


Para pemimpin agama menempatkan tangan mereka di pundak Presiden AS Donald Trump saat ia ikut serta dalam doa untuk orang-orang yang terkena dampak Badai Harvey di Gedung Putih di Washington, 1 September 2017. (REUTERS/Kevin Lamarque)

Sehari sebelum mengunjungi kawasan Houston yang rusak diterjang banjir, Presiden Donald Trump mengirim surat kepada Kongres, meminta hampir 8 miliar dolar bantuan untuk upaya-upaya pemulihan dan pembangunan kembali di Texas dan Louisiana.

Permintaan yang dianggap sebagai awal paket bantuan Harvey itu terdiri dari 7,4 miliar dolar Badan Pengelolaan Bencana Darurat Federal (FEMA) yang berkurang dengan cepat dan 450 juta dolar untuk kredit bencana bagi para pemilik usaha kecil.

Trump dan Ibu Negara Melania Trump akan mengunjungi Houston dan Lake Charles, Louisiana, Sabtu (2/9), untuk menemui sejumlah penyintas badai dan melihat langsung kerusakan akibat banjir. Ini akan menjadi kunjungan ke-dua mereka ke kawasan itu pekan ini.

Juru bicara Gedung Putih Sarah Huckabee Sanders mengatakan, presiden dan tim Keamanan Dalam Negerinya dan seluruh pejabat pemerintahan terus memusatkan perhatian pada nyawa dan keselamatan mereka yang terimbas Badai Harvey di Texas dan Louisiana.

Trump juga menandatangani perintah eksekutif yang menetapkan hari Minggu (3/9) sebagai “Hari Doa” bagi para korban Harvey.

Hari Jumat, petugas penyelamat melanjutkan pencarian penyintas di Texas, sepekan setelah Harvey yang menyapu kawasan Pantai Teluk mencurahkan hujan dengan curah tertinggi. Wali kota Houston Sylvester Turner memperingatkan sebagian warga bahwa rumah mereka mungkin tidak akan kering selama berminggu-minggu. Harvey membuat lebih dari satu juta orang mengungsi dan menewaskan sedikitnya 39 orang. [uh]

XS
SM
MD
LG