Tautan-tautan Akses

AS

Gedung Putih: Diperlukan ‘Proses Terpadu' untuk Tanggapi Ancaman Korut


Sekretaris Pers Gedung Putih, Sarah Huckabee Sanders (Foto: dok).

Pemimpin Amerika dan Korea Selatan, Jumat (2/9) mengukuhkan perlunya membawa Korea Utara kembali ke meja perundingan dengan memberlakukan sanksi dan tekanan maksimum, menurut kantor Presiden Korea Selatan Moon Jae-in.

Presiden Moon dan Presiden Donald Trump berbicara melalui telepon hari Jumat (1/9), menurut pejabat di Seoul dan Washington.

Gedung Putih mengatakan dalam pernyataan kedua pemimpin “membahas kerja sama erat dan berlanjut antara Amerika, Korea Selatan, dan Jepang” dan tanggapan terkoordinasi mereka terhadap perilaku Korea Utara yang terus menimbulkan ketidakstabilan dan semakin nekat.

Dikatakan, Trump dan Moon sepakat memperkuat persekutuan melalui kerja sama pertahanan dan juga memperkuat kapabilitas pertahanan Korea Selatan.

Trump juga memberikan persetujuan pada konsep rencana pembelian peralatan militer bernilai miliaran dolar oleh Korea Selatan.

Diminta VOA untuk menjelaskan sikap Trump terkait diplomasi dengan Korea Utara dalam briefing di Gedung Putih, Sekretaris Pers Sarah Huckabee Sanders menjawab, “Presiden Trump menginginkan proses terpadu, dan kita terus berpegang pada sikap itu. Kita menanggapi Korea Utara dengan sangat serius dan semua opsi terbuka. Itu tidak berubah.”

Opsi-opsi itu, menurut Trump maupun Sanders, mencakup opsi militer. [ds]

XS
SM
MD
LG