Tautan-tautan Akses

AS

Penyidik Khusus AS Miliki Konsep Surat Trump soal Pemecatan Comey


Mantan Direktur FBI Robert Mueller, penyidik khusus yang menyelidiki campur tangan Rusia dalam Pilpres AS tahun lalu (foto: dok).

Mantan Direktur FBI Robert Mueller, penyidik khusus yang menyelidiki campur tangan Rusia dalam pemilihan presiden Amerika tahun lalu, telah memperoleh konsep surat yang ditulis Presiden Donald Trump tentang alasan untuk memecat Direktur FBI James Comey, menurut laporan media Amerika.

Dilaporkan konsep itu disusun sebelum pemecatan Comey tanggal 9 Mei tetapi tidak pernah dikirim ke FBI.

Sepucuk surat lain, yang ditulis Jaksa Agung Rod Rosenstein, yang terfokus pada cara Comey menangani penyelidikan terkait server email pribadi Hillary Clinton, yang akhirnya dikirim kepada direktur FBI sebagai dasar pemecatannya.

Harian New York Times, yang pertama melaporkan berita ini, mengatakan penasihat hukum Gedung Putih Donald McGahn II berpendapat sebagian isi konsep surat itu bermasalah, menurut wawancara yang dilakukan harian itu dengan belasan pejabat pemerintah dan orang lain yang mendapat briefing mengenai hal itu.

Juga dilaporkan bahwa salah satu pembantu politik utama Trump, Stephen Miller, menulis konsep surat itu atas desakan Trump pada suatu akhir pekan bulan Mei, ketika Trump dan timnya berada di kelab golf pribadi Trump di Bedminster, New Jersey.

Ketika dipecat, Comey sedang memimpin penyidikan mengenai campur tangan Rusia dalam pemilihan presiden Amerika dan kemungkinan kolusi antara kampanye Trump dan Moskow, yang bertujuan memenangkan Trump dalam pemilihan. [ds]

XS
SM
MD
LG