Tautan-tautan Akses

AS

Kedatangan Pengungsi di AS Terendah dalam 10 Tahun


Keluarga pengungsi yang mengaku berasal dari Haiti tiba di Roxham Road, Champlain, New York 3 Agustus lalu (foto: ilustrasi).

Untuk bulan kedua berturut-turut, jumlah pengungsi yang datang di Amerika turun ke titik terendah dalam lebih dari satu dasawarsa.

Data Kementerian Luar Negeri menunjukkan bahwa 910 pengungsi tiba bulan Agustus, sementara selama 10 tahun sebelumnya rata-rata jumlahnya adalah 6.955 untuk bulan itu.

Bulan sebelumnya, Juli mencatat rekor terendah sebelumnya dalam satu dasawarsa, dengan hanya 1.224 pengungsi yang dizinkan masuk.

Setahun yang lalu, program pengungsi Amerika sangat berbeda dengan yang sekarang. Sementara Amerika meningkatkan upaya memukimkan pengungsi dari Suriah, bulan Agustus tahun lalu mencatat rekor sebaliknya, jumlah tertinggi dalam sebulan sejak 2007, yaitu 13.255.

Dua perintah eksekutif dari Presiden Trump, dan gugatan hukum yang menyusul, menurunkan pagu program pengungsi untuk tahun fiskal berjalan.

Presiden Barack Obama waktu itu menetapkan pagu untuk 2016-2017 sebanyak 110.000. Trump berjanji untuk menurunkannya menjadi 50.000 dan cukup berhasil. Hingga 31 Agustus, 51.392 pengungsi telah datang ke Amerika sejak Oktober tahun lalu. [ds]

XS
SM
MD
LG