Tautan-tautan Akses

Presiden Brazil Tuduh Aktor DiCaprio Danai Kebakaran Amazon


Leonardo DiCaprio menghadiri pemutaran perdana "Once Upon a Time In Hollywood" di Los Angeles, California, AS, 22 Juli 2019. (Foto: Reuters / Mario Anzuoni)

Presiden Brazil Jair Bolsonaro, Jumat (29/11) menuding bintang Hollywood Leonardo DiCaprio mendanai kebakaran yang terjadi di hutan hujan Amazon. Namun tuduhan tersebut dilakukan tanpa bukti.

Bolsonaro tampaknya mengomentari unggahan di media sosial yang mengklaim bahwa organisasi lingkungan yang disediakan oleh World Wildlife Fund (WWF) membayar gambar yang diambil oleh petugas pemadam kebakaran sukarela. Namun unggahan tersebut kemudian digunakan untuk meminta sumbangan, termasuk sumbangan AS$ 500 ribu dari DiCaprio.

WWF membantah pihaknya telah menerima sumbangan dari DiCaprio atau mendapatkan foto dari petugas pemadam kebakaran.

“Leonardo DiCaprio ini adalah pria yang keren, bukan? Memberikan uang untuk membakar Amazon,” kata Bolsonaro pada hari Jumat dalam sambutan singkat di depan kediaman presiden.

DiCaprio membantah telah menyumbang ke WWF. Dalam sebuah pernyataan, aktor tersebut memuji orang-orang Brazil yang bekerja untuk menyelamatkan warisan alam dan budaya mereka.

"Meskipun layak mendapat dukungan, kami tidak mendanai organisasi yang ditargetkan," katanya.

DiCaprio telah menjadi penyeru yang vokal dalam memerangi perubahan iklim. Ia sering berbicara tentang masalah lingkungan termasuk kebakaran hutan Amazon. Leonardo DiCaprio Foundation miliknya, fokus pada proyek-proyek yang "melindungi satwa liar yang rentan dari kepunahan." Yayasan ini adalah bagian dari Earth Alliance.

Sebelumnya empat anggota organisasi nonpemerintah, Alter do Chão Fire Brigade, ditangkap pada hari Selasa dengan tuduhan pembakaran hutan secara sengaja untuk dokumentasi untuk menggalang lebih banyak sumbangan. Namun mereka dibebaskan pada hari Kamis atas perintah hakim.

Politisi dan LSM lainnya dengan keras mengkritik penangkapan tersebut. Mereka mengatakan itu adalah bagian dari upaya bersama pemerintah Bolsonaro untuk melecehkan kelompok-kelompok lingkungan.

Para ilmuwan dan aktivis menyalahkan spekulan tanah, petani, dan peternak karena mengatur kebakaran untuk membuka lahan guna pertanian. Mereka mengatakan penggundulan hutan sedang digalakkan oleh Bolsonaro untuk mempromosikan pembangunan dan pertanian di atas pelestarian.

Hutan hujan Amazon dianggap sebagai benteng melawan perubahan iklim global.

Bolsonaro telah berulang kali mengecam berbagai faksi dalam menyalahkan kebakaran hutan.

Dalam unggahan di platform Facebook pada 21 Agustus, dia mengatakan, “Semuanya menunjukkan” bahwa LSM akan pergi ke Amazon untuk “membakar” hutan.

Di waktu lain lain ia mengakui bahwa petani bisa secara ilegal membakar hutan hujan. Namun kira-kira sebulan kemudian ia menyerang "media pembohong" karena mengatakan bahwa hutan hujan sedang dihancurkan oleh kebakaran.

Bolsonaro berbicara tentang DiCaprio pada hari Kamis selama siaran web secara langsung. Presiden mengatakan WWF membayar LSM pemadam kebakaran untuk mengambil gambar kebakaran hutan di Amazon.

“Jadi apa yang dilakukan LSM? Apa hal termudah? Membakar hutan. Ambil gambar, buat video, ” kata presiden.

"(WWF) melakukan kampanye melawan Brasil, menghubungi Leonardo DiCaprio, ia menyumbangkan AS$ 500 ribu," lanjutnya.

“Sebagian dari itu ditujukan kepada orang-orang yang membakar. Leonardo DiCaprio, Anda berkontribusi terhadap kebakaran di Amazon," kata Bolsonaro. [ah]

Lihat komentar (1)

XS
SM
MD
LG