Tautan-tautan Akses

Presiden Brazil Terima Bantuan Chile Padamkan Amazon, Kembali Kritik Macron


Presiden Brazil Jair Bolsonaro
Presiden Brazil Jair Bolsonaro

Presiden Brazil Jair Bolsonaro hari Rabu (28/8) mengatakan, dia menerima bantuan empat pesawat terbang Chile dalam usaha memadamkan kebakaran hutan tropis Amazon, namun dia memperbaharui kritiknya terhadap Presiden Perancis Emmanuel Macron.

Bolsonaro sekali lagi menuduh pemimpin Perancis itu menyebut dirinya seorang pembohong. Perang kata-kata ini bermula dari pertikaian seputar bagaimana mengendalikan kebakaran itu, dan Bolsonaro mencemoohkan Macron yang dikatakannya merasa bahwa dia satu-satunya orang yang berminat menyelamatkan lingkungan.

Komentar Bolsonaro ini datang sehari setelah dia mengatakan, Brazil akan menerima bantuan senilai $20 juta dari negara-negara G-7 guna memerangi kebakaran, namun hanya kalau Macron menarik kembali ucapan-ucapannya yang oleh Bolsonaro dianggap menghina.

Selesai pertemuan Rabu dengan Presiden Chili Sebastian Pinera di Brazilia, Bolsonaro mengatakan, negara-negara Amazon, kecuali Venezuela, akan bertemu di Kolombia pada 6 September guna menyusun strategi bagi pelestarian lingkungan.

Sebuah pernyataan pada Rabu dari kedua pemimpin Amerika Selatan itu mengakui bahwa tantangan lingkungan harus bisa dipenuhi, tetapi hanya kalau disertai penghormatan pada kedaulatan nasional masing-masing negara. (jm/em)

Recommended

XS
SM
MD
LG