Tautan-tautan Akses

Kebakaran Hutan di Amazon Ancam Lukisan Batu Kuno


Masyarakat adat, beberapa dengan wajah dicat dan mengenakan hiasan kepala, berdiri di sebelah Paus Fransiskus saat misa untuk Amazon di Basilika Santo Petrus, di Vatikan, 6 Oktober 2019. (Foto: AP)

Lukisan-lukisan batu kuno di Taman Monte Alegre Brazil terancam musnah dengan terus berlanjutnya kebakaran hutan di kawasan Amazon.

Associated Press mengutip situs berita online G1 melaporkan institut lingkungan hidup negara bagian Para melaporkan kebakaran terjadi pada Sabtu (5/10) dan berlanjut hingga Minggu (6/10).

Taman itu memiliki sejumlah situs arkeologi bersejarah, termasuk satu situs yang kini berisiko: Serra Lua. Sebagian pakar mengatakan lukisan-lukisan batu kuno di Serra Lua menunjukkan bagaimana manusia menduduki bagian Amazon yang lebih rendah setidaknya 11.000 tahun lampau. Lukisan dan lingkaran tangan besar berwarna merah dan kuning ditemukan membentang lebih dari 200 meter.

Kebakaran hutan di Amazon pada Juli dan Agustus lalu terjadi dengan laju yang belum pernah ada sejak 2010, dan baru melambat pada September.

Paus Fransiskus, Minggu (6/10), mendorong para uskup untuk melindungi lingkungan hidup dan komunitas masyarakat asli di Amazon. [em/pp]

XS
SM
MD
LG