Tautan-tautan Akses

Polisi Inggris Umumkan Pelaku Penikaman di London


Petugas polisi berada di lokasi penikaman di Pengadilan London, 1 Februari 2013. (Foto: Reuters)

Polisi Inggris di London telah mengumumkan nama pelaku penikaman yang mengakibatkan kematian dua orang. Pelaku tersebut adalah Usman Khan (28 tahun), yang pernah dituduh melakukan aksi terorisme dan dibebaskan dari penjara tahun lalu.

“Orang ini sudah dikenal oleh para pejabat, karena ia dinyatakan bersalah melakukan sejumlah aksi teroris tahun 2012,” kata pejabat kontra-teroris Inggris, Neil Basu, dalam sebuah pernyataan.

"Ia dibebaskan dengan syarat dari penjara tahun 2018, dan kini kami sedang menyelidiki mengapa ia melakukan serangan ini," kata Basu.

Harian Times melaporkan bahwa Khan menggunakan gelang elektronik sebagai syarat pembebasannya.

Khan melakukan aksinya menjelang jam dua siang di dekat Jembatan London, tempat dimana terjadi serangan mematikan oleh kelompok militan Islam dua tahun yang lalu.

Selain dua orang korban yang meninggal itu, seorang laki-laki dan dua orang perempuan juga mengalami cedera dan masih dirawat di rumah sakit, kata Basu.

Ketika berlangsung kampanye pemilihan umum tahun 2017, Jembatan London adalah tempat dimana tiga orang militan menabrakkan mobil van ke tengah kerumunan pejalan kaki dan kemudian menyerang orang-orang lain di sekitar tempat itu. Delapan orang tewas dan 48 lainnya luka-luka. [ii/ah]

Recommended

XS
SM
MD
LG