Tautan-tautan Akses

“Insiden” di London, Mobil Tabrak Pejalan Kaki dan Penikaman


Polisi di lokasi insiden di London Bridge, London, 3 Juni 2017.

Sejumlah pejalan kaki menjadi korban setelah ditabrak sebuah mobil van di London Bridge di ibukota negara itu hari Sabtu tengah malam (3/6).

Sebuah mobil van menabrak sejumlah pejalan kaki di London Bridge di ibukota negara itu Sabtu tengah malam (3/6), melukai sejumlah orang. Ada pula beberapa laporan tentang insiden penikaman terhadap sejumlah orang di lokasi di dekat insiden tabrakan itu.

Kepolisian Inggris mengirim pasukan untuk mengatasi apa yang mereka gambarkan sebagai “insiden keamanan besar” dan menutup jembatan serta jalan-jalan di sekitar lokasi tersebut. Layanan kereta api bawah tanah menuju ke stasiun di London Bridge juga ditutup oleh pejabat urusan lalu lintas kereta api bawah tanah, sementara polisi bersenjata mulai berpatroli di kawasan itu.

Perdana Menteri Inggris Theresa May telah mendapat penjelasan singkat dari pejabat-pejabat urusan keamanan dan kini sedang memantau situasi tersebut dengan seksama, demikian pernyatan kantor perdana menteri di 10 Downing Street itu.

Kantor Perdana Menteri Theresa May mengatakan “sudah melakukan kontak dengan pejabat-pejabat berwenang dan mendapat informasi tentang insiden di London Bridge itu.” Associated Press melaporkan Perdana Menteri Theresa May akan melangsungkan rapat komite darurat pemerintah hari Minggu (4/6).

Di Washington DC, juru bicara Gedung Putih Sean Spicer mengatakan pejabat-pejabat keamanan Amerika mengamati dengan seksama insiden di London dan akan memberi penjelasan pada Presiden Donald Trump.

Otorita urusan transportasi di London mengatakan atas permintaan polisi, London Bridge dan dua lokasi lain kini ditutup untuk umum.

Insiden tabrakan itu terjadi di bagian selatan London Bridge, yang merupakan jembatan di atas Sungai Thames yang memisahkan pusat kota London dan bagian selatan London yang dikenal sebagai Borough Market.

Banyak saksi mata melihat langsung insiden yang terjadi dan memberikan pernyataan pada polisi dan wartawan. Umumnya mengatakan mereka melihat sebuah van berwarna putih yang sedang menuju ke arah Borough Market keluar dari jalur dalam kecepatan tinggi dan menabrak para pejalan kaki, sedikitnya 5-6 orang yang sedang berjalan tertabrak dan terlempar di jalan raya.

Saksi lainnya Will Heaven mengatakan ia melihat orang yang tampaknya korban tabrakan, dilarikan dengan ambulans. “Kami melihat beberapa orang luka di jalan,” ujarnya pada Sky News. Heaven menambahkan sejumlah polisi bersenjata telah tiba di lokasi.

Otorita berwenang belum bisa mengkonfirmasi rincian apa yang tampaknya sebagai serangan, bukan kecelakaan itu.

Belum jelas apakah ada penyerang yang sudah ditangkap. Seorang supir taksi yang sedang menyebrangi jembatan itu mengatakan pda LBC Radio di London bahwa segera setelah mobil van itu menabrak sejumlah pejalan kaki, mobil itu kembali ke jalur dan melaju dengan kecepatan tinggi ke bagian selatan London.

Insiden hari Sabtu ini terjadi kurang dari dua minggu setelah serangan teror di Manchester yang menewaskan 23 orang, pada akhir konser bintang Amerika Ariana Grande. Bintang musik yang sangat terpukul itu dijadwalkan akan melangsungkan konser amal di Manchester hari Minggu (4/6) bagi para korban serangan bom bunuh diri itu. [em]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG