Tautan-tautan Akses

PM Polandia Donald Tusk Kunjungi Lokasi Jatuhnya Pesawat di Rusia Barat


Presiden Lech Kaczyski meninggal akibat pesawat yang ditumpanginya terbakar setelah menabrak pohon ketika mendekati bandara Smolensk.

PM Polandia Donald Tusk mengunjungi lokasi jatuhnya pesawat di Rusia Barat yang menewaskan Presiden Polandia, Lech Kaczyski. Perdana Menteri Tusk didampingi Jaroslaw Kaczynski, saudara kembar mendiang presiden Polandia.

Media Rusia mengutip pejabat-pejabat Departemen Darurat mengatakan, jenazah 97 penumpang pesawat Tupelov 154 itu akan diangkut ke Moskow untuk identifikasi.

88 orang dari korban tewas adalah anggota delegasi pemerintah Polandia yang terbang menuju Smolensk untuk menghadiri upacara peringatan di Katyn, di mana 22 ribu tentara Polandia dibunuh tentara Uni Soviet tahun 1940.

PM Polandia menyebut kecelakaan itu sebagai tragis dan akan diselidiki.

Penyebab kecelakaan belum diketahui, tetapi pejabat-pejabat Rusia menyatakan pilot tak menghiraukan perintah dari pengawas lalulintas udara Rusia agar pesawat itu jangan mendarat karena kabut tebal.

Pejabat Rusia mengatakan, pesawat itu terbakar setelah menabrak pohon ketika mendekati landas pacu Bandar udara Smolensk dalam kabut tebal.

Pejabat-pejabat Rusia mengatakan, para penyelidik telah menemukan kotak hitam yang menyimpan data penerbangan.

XS
SM
MD
LG