Tautan-tautan Akses

Peskov, Juru Bicara Putin Positif Covid-19


Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan kepada sejumlah wartawan Rusia, Selasa (5/12) bahwa ia positif terinfeksi virus corona dan sedang dirawat di rumah sakit.

Kantor berita Rusia (TASS dan Interfax) melaporkan pembantu Presiden Rusia Vladimir Putin berusia 52 tahun itu mengatakan, “Ya, saya sakit. Saya sedang dirawat. "

Peskov yang menjadi juru bicara Putin sejak 2008 tapi telah mulai bekerja untuknya sejak awal tahun 2000-an.

Kantor berita Associated Press melaporkan warga Rusia yang terinfeksi COVID-19 dengan atau tanpa gejala dapat tetap berada di rumah saja, tapi hal itu tidak menjelaskan apakah rawat inap Peskov mencerminkan kondisi sebenarnya ataukah suatu tindakan pencegahan.

Beberapa wartawan Kremlin melalui Twitter mengatakan Peskov terakhir kali terlihat di depan umum tanggal 30 April lalu "dalam sebuah pertemuan bersama Vladimir Putin".

AP melaporkan tidak jelas apakah hal itu berarti keduanya berada dalam ruangan yang sama, karena semua pertemuan dilakukan Putin secara virtual dalam beberapa pekan terakhir.

Sejak awal, Presiden Rusia itu mengurangi pertemuan langsung dan melakukan pertemuan harian melalui video dengan beberapa anggota kabinet dan para pembantunya.

Pengumuman Peskov itu muncul hanya sehari setelah Putin mengatakan Rusia berhasil memperlambat infeksi sekaligus siap melomggarkan karantina wilayah secara nasional.

Rusia mencatat lebih dari 232.000 infeksi virus corona yang dikonfirmasi dan lebih dari 2.100 kematian terkait virus tersebut hari Selasa (12/5. [mg/ii]

Recommended

XS
SM
MD
LG