Tautan-tautan Akses

Putin Umumkan Pelonggaran Lockdown Nasional


Presiden Rusia, Vladimir Putin, saat menyampaikan pidato kenegaraan dari kediaman Novo-Ogaryovo residence di luar Moskow, 11 Mei 2020.
Presiden Rusia, Vladimir Putin, saat menyampaikan pidato kenegaraan dari kediaman Novo-Ogaryovo residence di luar Moskow, 11 Mei 2020.

Presiden Rusia Vladimir Putin telah mengumumkan pelonggaran pembatasan terkait virus corona secara nasional.

Dalam pidatonya Senin (11/5), Putin mengatakan bahwa mulai 12 Mei, periode "tidak bekerja" akan berakhir di seluruh negara itu, tetapi menyerahkan kepada para gubernur regional untuk memutuskan pabrik mana yang boleh dibuka kembali. Putin mengatakan penting untuk mempertahankan pekerjaan dan perekonomian, tapi menegaskan bahwa tindakan pencegahan harus dilakukan dan pembatasan harus dicabut secara bertahap untuk mencegah gelombang baru kasus Covid-19.

Pada akhir Maret, Rusia memberlakukan periode "tidak bekerja" secara nasional, mewajibkan semua bisnis non-esensial untuk tutup, guna menekan penyebaran virus corona.

Putin memerintahkan kabinetnya dan gugus tugas virus corona nasional untuk merancang rekomendasi untuk melonggarkan pembatasan secara perlahan di seluruh Rusia. Dia juga memerintahkan mereka untuk membuat sebuah "rencana aksi atau pemulihan ekonomi dan pertumbuhan" sebelum 1 Juni.

Di Moskow, pusat wabah di Rusia yang memiliki 115.909 kasus, aturan lockdown telah diperpanjang hingga 31 Mei. Para warga diwajibkan mengenakan masker dan sarung tangan di tempat umum mulai Selasa (12/5).

Sementara pabrik-pabrik dan tempat-tempat konstruksi diperbolehkan mulai bekerja di ibukota mulai Selasa (12/5), sektor jasa akan terus beroperasi di bawah aturan lockdown. Pandemi telah meningkat di Rusia.

Hingga Senin (11/5), Rusia memiliki jumlah kasus tertinggi ke empat di dunia yaitu 221.344 orang, menurut Pusat Data Universitas Johns Hopkins. 2.009 orang di Rusia telah meninggal dunia akibat Covid-19. [vm/jm]

Recommended

XS
SM
MD
LG