Tautan-tautan Akses

Percobaan Kudeta di Amhara, Ethiopia, Kepala Staf Angkatan Darat Tewas


Pasukan keamanan Ethiopia siaga di lapangan Meskel, Addis Ababa, pasca upaya kudeta yang gagal di Ethiopia, Minggu (23/6).
Pasukan keamanan Ethiopia siaga di lapangan Meskel, Addis Ababa, pasca upaya kudeta yang gagal di Ethiopia, Minggu (23/6).

Pejabat-pejabat Ethiopia mengatakan kepala staf angkatan darat ditembak mati oleh penjaga keamanannya Sabtu malam (22/6), beberapa jam setelah apa yang digambarkan para pejabat sebagai upaya kudeta di negara bagian Amhara, Ethiopia.

Juru bicara Perdana Menteri Ethiopia Abiy Ahmed, Billene Seyoum mengatakan Kepala Staf Angkatan Darat Seare Mekonnen dan seorang pensiunan jendral tewas dalam “serangan terkoordinasi” di rumah Seare.

Seyoum mengatakan apa yang disebutnya sebagai “pasukan pembunuh” mendatangi sebuah pertemuan di ibukota negara bagian Amhara, menewaskan presiden kawasan itu Ambachew Mekonnen dan salah seorang penasihat seniornya.

Media pemerintah melaporkan Jendral Asamnew Tsige, kepala keamanan negara bagian Amhara adalah yang memimpin upaya kudeta tersebut.

Media pemerintah melaporkan pengawal itu telah ditangkap, tetapi tidak ditahan.

Kedutaan Besar Amerika di Addis Ababa menyatakan kaget dan sedih atas serangan berdarah Sabtu malam itu.

“Serangan terhadap para pejabat itu merupakan serangan terhadap institusi dan negara yang mereka layani. Amerika tetap teguh mendukung Ethiopia karena negara itu berusaha keras melakukan reformasi ekonomi dan politik untuk mencapai kemakmuran, inklusivitas politik dan stabilitas di Ethiopia,” demikian pernyataan tertulis yang dikeluarkan hari Minggu (13/6). (em/jm)

Recommended

XS
SM
MD
LG