Tautan-tautan Akses

PM Ethiopia di Sudan untuk Tengahi Pembicaraan


PM Ethiopia Abiy Ahmed (tengah) di Bandara Internasional Khartoum, 7 Juni 2019.
PM Ethiopia Abiy Ahmed (tengah) di Bandara Internasional Khartoum, 7 Juni 2019.

Perdana Menteri Ethiopia, Abiy Ahmed, tiba di ibukota Sudan, Jumat (7/6) untuk menengahi pembicaraan antara dewan militer yang berkuasa dan para pemimpin gerakan protes prodemokrasi setelah penindakan keras oleh militer pekan ini yang menewaskan lebih dari 100 orang.

Ahmed bertemu dengan jenderal-jenderal di Khartoum dan diperkirakan akan bertemu secara terpisah dengan para pemimpin Kekuatan bagi Deklarasi Kebebasan dan Perubahan, suatu koalisi kelompok-kelompok politik yang mewakili para demonstran, yang menyingkirkan pemimpin lama Omar al-Bashir dari kekuasaannya pada April lalu.

Sementara itu, Uni Afrika menyatakan membekukan semua aktivitas Sudan di organisasi itu sampai pemerintah pimpinan sipil terbentuk.

Dewan Perdamaian dan Keamanan Uni Afrika, Kamis (7/6) mengumumkan hal tersebut sementara para pemimpin protes di Sudan menolak tawaran dari dewan militer yang berkuasa untuk merundingkan masa depan negara itu.

Kedua pihak telah terlibat dalam pembicaraan mengenai transisi yang dipimpin warga sipil menuju demokrasi, tetapi perundingan mereka gagal sewaktu pasukan keamanan menyerbu kamp aksi duduk pada hari Senin.

Dokter-dokter Sudan yang beraliansi dengan oposisi menyatakan 113 orang tewas, dan lebih dari 500 lainnya cedera dalam bentrokan itu.

Kementerian Kesehatan Sudan melansir pernyataan yang menyebutkan jumlahnya “tidak lebih dari 46 orang.” [uh]

XS
SM
MD
LG