Tautan-tautan Akses

Penyelidik Tuntut 4 Tersangka Perudal Malaysian Airlines


Penyelidik internasional menyajikan temuan terakhir mereka dalam kasus penembakan Malaysia Airlines, nomor penerbangan MH17, hampir lima tahun yang lalu yang menewaskan seluruh penumpang dan awak di Negeri Belanda, 19 Juni 2019 (foto: Reuters/Eva Plevier)

Menteri Luar Negeri Amerika Mike Pompeo hari Rabu menyambut baik dakwaan terhadap empat tersangka penembak jatuh pesawat penumpang Malaysia pada tahun 2014 dan mengharapkan Rusia bekerja sama dengan penyelidikan itu.

Penyelidik internasional, dipimpin Belanda, mengidentifikasi tersangka sebagai tiga orang Rusia - Igor Girkin, Sergey Dubinskiy dan Oleg Pulatov - dan satu orang Ukraina, Leonid Karchenko. Jaksa menuntut keempatnya dengan pembunuhan.

Ketua jaksa penuntut Belanda Fred Westerbeke mengatakan di Den Haag, "Meskipun mereka bukan yang menekan tombol, ada kecurigaan mereka bekerja sama erat" untuk memiliki peluncur rudal yang menembak jatuh pesawat jet itu."

Penyelidik menggunakan penyadapan, gambar radar, dan media sosial untuk membidik para tersangka.

Amerika meminta Rusia memastikan para tersangka yang saat ini berada di Rusia menghadapi pengadilan, kata Pompeo.

Jaksa penuntut Belanda mengatakan persidangan akan dibuka Maret nanti di Den Haag. Tetapi keempat tersangka kemungkinan tidak akan diadili di Barat. Rusia dan Ukraina melindungi warganya dari ekstradisi. Rusia juga membantah terlibat penembakan jatuh pesawat itu dan menuduh penyelidik menggunakan "sumber informasi yang meragukan."

Malaysian Airlines Penerbangan 17 dari Amsterdam ke Kuala Lampur diledakkan di langit Ukraina timur pada 17 Juli 2014, menewaskan ke semua 298 penumpang. [ka]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

Recommended

XS
SM
MD
LG