Tautan-tautan Akses

Penyidik Insiden Pesawat MH17 Minta Bantuan Masyarakat


Seorang penyidik kecelakaan pesawat udara memeriksa lokasi kecelakaan pesawat Malaysia Airlines MH17 dekat Desa Hrabove (Grabovo) di wilayah Donetsk, Ukraina, 22 Juli 2014.

Para penyidik insiden penembakan pesawat Malaysia Airlines MH17 akan meminta kepada masyarakat untuk membantu penyelidikan tersebut, Reuters melaporkan, Kamis (24/5), Reuters melaporkan.

Pesawat MH17 ditembak jatuh dengan misil buatan Rusia di wilayah timur Ukraina, yang dikuasai separatis pro-Rusia, pada 17 Juli 2014. Seluruh 298 penumpang dan awak pesawat, yang dua pertiganya warga Belanda, tewas.

Tim investigasi gabungan yang terdiri dari pejabat berwenang dari Australia, Belgia, Malaysia, Belanda dan Ukraina mengatakan akan memberikan laporan kemajuan penyidikan, namun tidak akan memberikan identifikasi para tersangka.

Badan Keselamatan Transportasi Belanda menyimpulkan pada Oktober 2015 bahwa pesawat Boeing 777 tersebut dihantam oleh misil Buk buatan Rusia. Selain warga Belanda, para korban tewas juga berasal dari 17 negara, termasuk 38 warga Australia.

Dakwaan belum dijatuhkan dan para tersangka kemungkinan akan diadili secara in absentia di Belanda setelah Rusia menggunakan hak vetonya untuk membatalkan rencana Dewan Keamanan PBB untuk menggelar persidangan internasional. [ft]

XS
SM
MD
LG