Tautan-tautan Akses

Belanda, Rusia Bahas Tanggung Jawab Penembakan MH17


Para pengunjung berkumpul dekat monumen peringatan untuk para korban pesawat Malaysia Airlines MH17 dalam peringatan empat tahun kecelakaan itu dekat Desa Hrabove (Grabovo) di Wilayah Donetsk , Ukraina, 17 Juli 2018.

Menteri Luar Negeri Belanda Stef Blok mengatakan, Kamis(7/2), pihaknya sedang melangsungkan pembicaraan diplomatik dengan pemerintah Rusia mengenai apakah Rusia bertanggung jawab atas insiden penembakan pesawat penumpang Malaysia MH17 pada Juli 2014.

Menlu Blok mengatakan pembicaraan awal bertujuan untuk membuka jalan pembicaraan formal dan hal itu dilakukan dalam “atmosfer yang positif.” Dia mengatakan masih terlalu dini untuk mengungkap di mana dan kapan pembicaraan formal akan dilaksanakan.

Menteri Luar Negeri Belanda Stef Blok menghadiri pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Mesir Sameh Shoukry di Kairo, Mesir, 10 Mei 2018.
Menteri Luar Negeri Belanda Stef Blok menghadiri pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Mesir Sameh Shoukry di Kairo, Mesir, 10 Mei 2018.

“Ada kontak-kontak diplomatik untuk melihat apakah kami bisa memulai pembicaraan resmi mengenai tanggung jawab nasional atas penembakan MH17,” kata Blok kepada para wartawan Belanda.

Pesawat MH17 ditembak jatuh dengan misil buatan Rusia di Ukraina timur menewaskan seluruh 298 orang di dalamnya. Rusia membantah terlibat. Namun pada Mei tahun lalu pemerintah Belanda dan Australia menyatakan Russia bertanggung jawab atas penembakan jatuh pesawat itu. [al/ft]

XS
SM
MD
LG