Tautan-tautan Akses

Penuh Ketakutan, Cerita Seorang Afghanistan Lakukan Perjalanan ke Iran


Warga Afghanistan di provinsi Nangarhar melakukan aksi unjuk rasa memrotes perlakukan polisi Iran terhadap warga Afghanistan.

Rekaman video awal bulan ini yang menunjukkan polisi Iran dan sebuah mobil terbakar yang membawa para pengungsi Afghanistan telah mendapat kecaman luas di Afghanistan dan memperbaharui perdebatan tentang keadaan buruk warga Afghanistan di Iran.

Pada tanggal 3 Juni, sebuah mobil yang membawa 13 migran Afghanistan dibakar di provinsi Yazd, Iran tengah, menewaskan tiga orang dan melukai empat lainnya. Video itu beredar di media sosial.

Abdul Ghafoor Lewal, duta besar Afghanistan di Teheran, mengatakan kepada VOA bahwa pemerintah Iran telah “mengakui” bahwa mobil itu ditembak oleh pasukan keamanan Iran, menyebabkan percikan api yang memicu kebakaran. Dia menambahkan pemerintah setempat bertekad akan melakukan penyelidikan menyeluruh.

Para pejabat Iran mengatakan polisi mencurigai mobil itu membawa narkoba dan imigran gelap. Menurut Ahmad Tarahomi, wakil gubernur provinsi Yazd, polisi menembaki mobil itu setelah mengabaikan permintaan untuk berhenti di pos pemeriksaan. [lt/ii]

Recommended

XS
SM
MD
LG