Tautan-tautan Akses

Pemerintah Tetapkan Awal Ramadhan pada 13 April


Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas

Pemerintah Indonesia telah menetapkan awal Ramadan 1442 Hijriah jatuh pada hari Selasa 13 April 2021. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan hal ini dalam konferensi pers seusai sidang isbat awal Ramadhan di Kementerian Agama, Jakarta, Senin sore (12/4).

“Peserta sidang isbat secara mufakat bersepakat bahwa 1 Ramadan jatuh pada esok hari, Selasa 13 April 2021,” ujar Yaqut dalam sidang yang dihadiri oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia MUI KH Abdullah Zaidi, Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhit Sa'adi, Sekjen Kemenag Nizar, Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin, dan sejumlah perwakilan duta besar negara-negara sabahat. Ada pula sejumlah perwakilan organisasi masyarakat yang mengikuti sidang secara daring.

Yaqut menambahkan bahwa keputusan diambil setelah peserta sidang mendengar laporan hasil rukyat pemantauan hilal dari 13 petugas rukyat yang ditunjuk dan memperhatikan perhitungan hisab secara astronomis. “Keduanya saling memperkuat,” tegasnya. [em/jm]

Recommended

XS
SM
MD
LG