Tautan-tautan Akses

AS

Pemerintah AS Kirim Bantuan ke Kepulauan Mariana yang Dilanda Topan


Sebuah pesawat tampak rusak setelah topan Yutu melanda kepulauan Mariana Utara, AS (26/10).

Pemerintah federal Amerika telah mengirim bantuan ke kepulauan Mariana Utara, kawasan milik Amerika di Lautan Pasifik yang dilanda topan dahsyat dua hari yang lalu.

Beberapa pesawat angkut militer membawa makanan, air minum, terpal dan perlengkapan lainnya, kata Badan Manajemen Darurat Federal.

Fokus bantuan saat ini adalah memulihkan aliran listrik, membuka pelabuhan laut dan udara dan mengusahakan supaya menara-menara telpon seluler bisa berfungsi dengan menggunakan tenaga listrik darurat.

Topan super Yutu yang mengakibatkan angin berkecepatan 290 km per jam melanda pulau-pulau Saipan dan Tinian Kamis pagi, dan sampai hari Sabtu pagi, listrik masih padam di pulau Saipan yang berpenduduk 50.000 orang. Pulau Tinian dihuni oleh kira-kira 3.000 orang.

Topan paling dahsyat yang melanda kawasan Amerika itu menjungkirbalikkan mobil-mobil, menghancurkan sejumlah pesawat-pesawat terbang ringan, dan mencabut atap atap rumah. Seorang perempuan tewas ketika bangunan tempat dia berlindung runtuh, dan beberapa orang lainnya cedera. [ii]

XS
SM
MD
LG