Tautan-tautan Akses

AS

Pajak Besar Trump Membuat Pembuat Mobil Eropa Pertimbangkan Pilihan


Presiden AS Donald Trump mendesak industri mobil AS meningkatkan produksi dalam pertemuan dengan para eksekutif perusahaan mobil AS di Gedung Putih (24/1).

Presiden AS Donald Trump mengancam akan memberlakukan pajak yang besar dalam upayanya untuk mengembalikan pekerjaan pepabrikan ke Amerika.

Para pembuat mobil Eropa yang bergantung pada pabrik-pabrik mereka di Meksiko untuk memasok pasar Amerika sedang mempertimbangkan pilihan-pilihan mereka di tengah-tengah ancaman Presiden Donald Trump untuk memberlakukan pajak yang besar dalam upayanya untuk mengembalikan pekerjaan pepabrikan ke Amerika.

Trump telah memperingatkan, Amerika bisa mengenakan pajak perbatasan yang besar kepada perusahaan-perusahaan mobil yang diuntungkan karena menjual kendaraan mereka di Amerika tapi tidak menciptakan lapangan kerja bagi warga Amerika.

Para analis mengatakan upaya Trump untuk memindahkan produksi ke Amerika juga terkait dengan strategi besarnya terhadap Meksiko. Trump sebelumnya mengatakan ia ingin perdagangan yang adil yang akan menghasilkan lebih banyak lapangan kerja bagi warga Amerika, mengakhiri imigran gelap dan menghentikan arus narkoba serta kekerasan di perbatasan selatan Amerika.

Ekstradisi pemimpin kartel terkenal Meksiko, Joaquin "El Chapo" Guzman ke Amerika pada malam pelantikan Trump merupakan pertanda strategi presiden Amerika itu mungkin berhasil.

Kekukuhan Trump bahwa Meksiko membiayai tembok perbatasan dan tanggapannya atas pembatalan kunjungan Presiden Moksiko Enrique Pena Nieto menjadi pertanda bahwa pemimpin Amerika itu tidak siap untuk memperlunak pendekatannya meskipun ada sikap yang mencerminkan tawaran Meksiko yang juga pasar ekspor kedua Amerika.

Pesan twitter Presiden Trump hari Jumat mengatakan “Meksiko sudah cukup lama memanfaatkan Amerika. Defisit perdagangan yang besar dan sedikit bantuan pada perbatasan yang lemah harus berubah, Sekarang!” [my/al]

XS
SM
MD
LG