Tautan-tautan Akses

AS

Juru Bicara: Trump Ingin kenakan Pajak 20% untuk Impor Meksiko


Sekretaris Pers Gedung Putih Sean Spicer berbicara pada wartawan di atas Air Force One dalam perjalanan ke Pangkalan Angkatan Udara Andrews dari Philadelphia (26/1). (AP/Pablo Martinez Monsivais)

Presiden Meksiko Enrique Peña Nieto berkeras negaranya tidak akan membiayai pembangunan tembok perbatasan.

Juru bicara Gedung Putih Sean Spicer mengatakan Presiden AS Donald Trump akan mengenakan pajak sebesar 20 persen terhadap impor dari Meksiko untuk membiayai tembok perbatasan yang direncanakan akan dibangun.

Tembok itu adalah bagian dari rencana Trump untuk mencegah imigran gelap masuk ke Amerika dan ia sejak lama berkeras Meksiko yang harus membiayainya.

Presiden Meksiko Enrique Peña Nieto berkeras negaranya tidak akan membiayai pembangunan tembok itu.

Dalam penerbangan kembali ke Washington Spicer mengatakan kepada wartawan yang melawat bersama presiden bahwa Trump ingin mengenakan pajak 20 persen terhadap impor dari Meksiko untuk membiayai tembok itu. Persetujuan Kongres diperlukan untuk langkah semacam itu.

Trump melakukan kunjungan singkat ke Philadelphia untuk berpidato di hadapan rapat tahunan anggota fraksi Republik di Kongres membahas kebijakan ke depan. Dan itulah pertama kali Trump melakukan perjalanan menggunakan pesawat kepresidenan Air Force One, yang sejak lama membawa presiden melawat di dalam maupun luar negeri.

Trump berbicara kepada wartawan di pesawat itu dan menyebut Air Force One pesawat yang indah dan hebat. [my/al]

XS
SM
MD
LG