Tautan-tautan Akses

AS

Pelaut PD II yang Fotonya Tenar Tutup Usia


ARSIP - Foto seorang pelaut dan seorang wanita yang berciuman yang diambil tanggal 14 Agustus 1945 oleh fotografer AL AS, Victor Jorgensen, pada saat yang sama dengan foto yang diambil oleh Alfred Eisenstaedt yang dipublikasikan di majalah Life (foto: Victor Jorgensen/AL AS, Ars

Mungkin anda tidak tahu namanya tetapi pernah melihatnya dalam salah satu foto yang pernah diambil. Namanya George Mendonsa. Dia lah pelaut yang memeluk dan mencium seorang perawat di Times Square New York merayakan akhir Perang Dunia Ke-2. Mendonsa meninggal dunia karena sakit di Middletown, Rhode Island hari Minggu, dua hari sebelum ulangtahunnya yang ke-96.

Mendonsa adalah pelaut Amerika yang sedang cuti yang seyogianya akan dikirim ke Pasifik melanjutkan perang melawan Jepang.

Tetapi ketika terbetik berita Jepang menyerah dan diumumkan tanggal 14 Agustus, 1945 Mendonsa bersama ribuan orang tumpah ke jalan-jalan di New York merayakannya.

Ia dengan spontan memeluk dan mencium seorang perawat. Juru potret Majalah TIME Alfred Eisenstaedt mengabadikan peristiwa itu menjadikannya ikon gambar Perang Dunia Ke-2 dan gambar itu segera dikenal di seluruh dunia.

Banyak lelaki yang mengklaim selaku pelaut tersebut selama bertahun-tahun. Namun teknologi gambar dan pacar Mendonsa yang kemudian menjadi istrinya yang tampak di belakang gambar itu, membuktikan pelaut itu adalah Mendonsa.

Sedang perawat itu adalah pengungsi Austria yang menyelamatkan diri dari Nazi namanya Greta Zimmer. Ia meninggal dunia tahun 2016. [al]

XS
SM
MD
LG