Tautan-tautan Akses

AS

Trump, Bersama Pemimpin Lain, Peringati 100 Tahun Berakhirnya Perang Dunia Pertama


Presiden Trump bersama pemimpin dunia lainnya menghadiri peringatan 100 tahun berakhirnya Perang Dunia I.

Presiden Amerika Donald Trump bersama puluhan pemimpin dunia hari Minggu (11/11) mengikuti peringatan “Hari Gencatan Senjata” di Arc de Triomphe Paris, untuk mengenang mereka yang gugur dalam Perang Dunia Pertama, perang yang berakhir satu abad lalu pada tanggal 11 November jam 11 siang. Di Amerika hari ini diperingati sebagai “Hari Veteran.”

Trump hari Sabtu (10/11) membatalkan kunjungannya ke pemakaman Amerika di luar kota Paris di mana ia sedianya meletakkan karangan bunga guna menghormati para prajurit Amerika yang tewas dalam Perang Dunia Pertama.

Pernyataan Gedung Putih mengatakan kunjungan itu dibatalkan karena kesulitan penjadwalan dan logistik akibat cuaca yang membuat helikopter presiden tidak dapat beroperasi.

Sebaliknya, justru Kepala Staff Gedung Putih Jendral John Kelly dan Ketua Kepala Staf Joe Dunford yang memimpin delegasi Amerika menghormati hampir 2.300 prajurit yang tewas dan dimakamkan di pemakaman Amerika Aisne-Marne itu, di bawah langit yang mendung dan hujan rintik-rintik.

Para kritikus mengatakan Trump seharusnya menemukan alternatif transportasi lain untuk datang ke acara di pemakaman itu.

Lokasi pemakaman pada Juni 1918 dikenal sebagai Battle of Belleau Wood. Selain 2.288 prajurit Amerika yang tewas dan dimakamkan di pemakaman itu, ada pula 1.060 prajurit lain yang hilang ketika bertugas.

Presiden Perancis Emmanuel Macron dan Kanselir Jerman Angela Merkel, dengan bergandengan tangan, pada hari Sabtu (10/11) mengikuti upacara di Compiegne Forest, di bagian utara Paris, dimana pasukan sekutu dan pasukan Jerman yang kalah menandatangani perjanjian untuk mengakhiri Perang Dunia Pertama. [em]

XS
SM
MD
LG