Tautan-tautan Akses

AS

Warga AS Peringati Hari Veteran


Para veteran perang Vietnam AS menghadiri peringatan hari Veteran di Aurora, Illinois (foto: ilustrasi).

Amerika Serikat memperingati Hari Veteran pada hari Minggu (11/11), kegiatan tahunan untuk mengenang jutaan pria dan wanita yang telah bertugas di angkatan bersenjata negara itu, seringkali dengan mengorbankan nyawa mereka sendiri.

Presiden Donald Trump, yang sedang berada di Paris, mengatakan di Twitter, "Pada Hari Veteran ini - HUT ke-100 akhir Perang Dunia I, kita menghormati PAHLAWAN pemberani yang berjuang untuk Amerika dalam Perang Besar, dan setiap Veteran yang telah mengenakan seragam dan membuat negara kita tetap Aman, Kuat dan Bebas!"

Dalam pesan Hari Veterannya, mantan Presiden Barack Obama menulis di Tweeter, "Kepada semua veteran dan keluarga kalian: terima kasih. Tidak ada penghargaan yang benar-benar dapat menyamai besarnya layanan dan pengorbanan kalian."

"Tetapi kita semua dapat melakukan yang terbaik untuk menjunjung nilai-nilai pengabdian, tanggung jawab, kedermawanan, dan kewarganegaraan Amerika yang ikut kalian pertahankan," tambahnya.

Di AS, Hari Veteran awalnya disebut "Hari Gencatan Senjata," untuk memperingati akhir Perang Dunia I, tetapi Kongres mengeluarkan resolusi pada tahun 1926 untuk peringatan tahunan ini. 11 November setiap tahun menjadi hari libur nasional mulai tahun 1938, dengan peringatan resmi tahun ini dilakukan pada hari Senin karena tanggal 11 jatuh pada hari Minggu. [as]

XS
SM
MD
LG