Tautan-tautan Akses

Pakar Astronomi Berhasil Buat Foto Lubang Hitam


Foto lubang hitam di antariksa yang dibuat dengan menggunakan delapan teleskop radio yang tersebar di seluruh dunia. (Courtesy: (Event Horizon Telescope Collaboration/Maunakea Observatories)

Para pakar astronomi telah berhasil untuk pertama kalinya membuat foto yang menunjukkan lubang hitam di antariksa, dengan menggunakan delapan teleskop radio yang tersebar di seluruh dunia.

Lubang hitam yang sangat besar itu terdapat di pusat galaksi raksasa yang diberi nama M-87, yang jauhnya 55 juta tahun cahaya dari bumi.

Foto itu adalah hasil penelitian selama puluhan tahun oleh kelompok Event Horizon Telescope Collaboration atau EHTC. Foto yang tampak kabur itu menunjukkan semacam kue donat raksasa yang berwarna kuning dan oranye, dan bagi ilmu fisika ini adalah pencapaian ilmiah yang paling mengesankan.

Foto itu menunjukkan apa yang telah dibayangkan oleh para pakar astronomi, khususnya Albert Einstein, sejak lama. Tampak bagian tengah donat raksasa yang disebut lubang hitam itu, di mana gaya beratnya sangat kuat sehingga cahayapun tidak bisa melepaskan diri.

“Kami kini tahu bahwa lubang hitam yang terletak di tengah galaksi M-87itu beratnya 6, 5 milyar kali dari matahari kita,” kata pakar Shep Doeleman dalam wawancara pers hari Rabu di Washington.

“Ini adalah bukti paling kuat tentang keberadaan lubang hitam,” tambahnya. (ii)

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG