Tautan-tautan Akses

Pentagon Peringatkan AS Kehilangan Daya Saing di Antariksa


ARSIP – Foto arsip bertanggal 28 Januari 2019 dari Plt Menteri Pertahanan, Pat Shanahan, berbicara kepada media sambil menunggu kedatangan Sekjen Nato, Jens Stoltenberg di Pentagon, Washington, D.C. (foto: AP Photo/Alex Brandon, Arsip)
ARSIP – Foto arsip bertanggal 28 Januari 2019 dari Plt Menteri Pertahanan, Pat Shanahan, berbicara kepada media sambil menunggu kedatangan Sekjen Nato, Jens Stoltenberg di Pentagon, Washington, D.C. (foto: AP Photo/Alex Brandon, Arsip)

Pejabat Sementara Menteri Pertahanan AS Pat Shanahan memperingatkan militer AS "tidak bergerak cukup cepat untuk mengungguli" saingannya, China dan Rusia di antariksa.

Berbicara pada Simposium Antariksa di Colorado Springs, Colorado, Shanahan mengatakan "China dan Rusia telah mempersenjatai antariksa untuk menghambat kemampuan antariksa Amerika."

Ia kemudian memperingatkan bahwa AS "tidak mampu melacak" beberapa kemajuan pesat China dalam persenjataan antariksa terutama dalam senjata hipersonik.

Ancaman dari para pesaing di antariksa bisa menarget banyak aspek penting ekonomi Amerika yang bernilai $19 triliun, mulai dari navigasi GPS hingga penggunaan ponsel.

"Konflik besar berikutnya, mungkin bisa menang atau kalah di antariksa," kata Shanahan, Senin. "Kita tidak akan diam. Kita akan bertindak."

Pejabat sementara menteri pertahanan itu mengatakan bahwa Angkatan Antariksa yang diusulkan pemerintahan Trump akan memungkinkan militer lebih efektif mengatur, melatih dan melengkapi pasukan militer yang beranggotakan sekitar 15.000 hingga 20.000 untuk wilayah perang ini.

Cabang militer baru ini akan menelan biaya sekitar $1,50 per tahun untuk setiap orang Amerika, kata Shanahan, poin penting yang mungkin akan diulanginya Kamis ketika ia hadir di depan Senat untuk mempertahankan rencana militer menciptakan Komando Antariksa, Badan Pengembangan Antariksa dan akhirnya Angkatan Antariksa.

Pentagon membela proposal anggarannya di Capitol Hill selama berminggu-minggu. Beberapa anggota parlemen skeptis terhadap kebutuhan terpisah Departemen Pertahanan untuk pasukan antariksa di tengah permintaannya untuk meningkatkan pendanaan yang mencapai rekor.

AS saat ini menganggarkan lebih banyak untuk pertahanan daripada negara lain.

"Kami mulai sekarang, karena kita tidak ingin tertinggal. Kita bisa melampaui pesaing sehingga mustahil bagi mereka mengalahkan dominasi kita di antariksa" kata Shanahan. [my]

XS
SM
MD
LG