Tautan-tautan Akses

AS

Obama Memulai Liburan Nostalgia Bersama Keluarga di Indonesia


Barack Obama, Sasha Obama dan Malia Obama (Foto: dok).

Mantan presiden Amerika Barack Obama dan keluarganya hari Jumat (21/6) tiba di Bali untuk memulai liburan mereka di Indonesia, di mana ia tinggal selama beberapa tahun sewaktu masih anak-anak, kata para pejabat.

Obama, istri, serta kedua putrinya, Malia dan Sasha, tiba dengan sebuah jet pribadi di pangkalan udara TNI AU Ngurah Rai di Denpasar, kata komandan pangkalan udara tersebut, Kolonel Wayan Superman.

Mereka kemudian menuju kawasan peristirahatan Ubud, pusat seni dan budaya yang terletak di tengah kawasan perbukitan dan persawahan, di mana mereka akan menghabiskan sebagian besar masa liburan mereka di Bali.

Superman mengatakan mereka didampingi adik tiri Obama, Maya Soetoro-Ng, dan juga akan mengunjungi Yogyakarta, kota di mana ibunda Obama, Ann Dunham, melakukan riset antropologinya.

Obama pindah ke Indonesia pada tahun 1967 pada usia enam tahun, setelah ibunya yang menjanda menikah kembali dengan seorang lelaki Indonesia. Ann tetap berada di Indonesia setelah perkawinannya gagal, bekerja sebagai pakar antropologi dan pekerja bantuan pembangunan, tetapi Obama kembali ke Hawaii sewaktu berusia 10 tahun untuk tinggal bersama kakek dan neneknya.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia Arrmanatha Nasir mengatakan Presiden Joko Widodo telah mengundang Obama untuk berlibur ke Indonesia setelah ia mengakhiri masa jabatannya.

Jokowi juga mengundang keluarga Obama untuk berkunjung ke Istana Bogor di sela-sela liburan sembilan hari mereka.

Media setempat melaporkan bahwa keluarga Obama akan mengunjungi kompleks candi Borobudur di dekat Yogyakarta.

Obama juga dijadwalkan berbicara pada acara Kongres Diaspora Indonesia di Jakarta pada 1 Juli mendatang. [uh]

XS
SM
MD
LG