Tautan-tautan Akses

Bali Antisipasi Liburan Keluarga Obama

  • Patsy Widakuswara

Wisatawan asing menikmati pemandangan saat matahari tenggelam di Pura Tanah Lot, Bali. (Foto: ilustrasi)

Masyarakat Bali dan Indonesia mengantisipasi kedatangan mantan Presiden AS Barack Obama sekeluarga ke Pulau Bali untuk berlibur sebelum ke Jakarta guna membuka dan memberikan pidato kunci di Kongres Diaspora Indonesia 1 Juli mendatang.

Sebagaimana diberitakan Detik.com, Gubernur Bali Made Mangku Pastika menyatakan Barack Obama akan tiba Jumat (23/6). "Sudah ada informasi, beliau (Obama) akan datang tanggal 23 Juni 2017 sore, khusus untuk liburan," kata Pastika di Denpasar, Bali, Rabu (21/6). Namun hingga hari yang sama belum ada pemberitahuan resmi yang diterima oleh Panglima Kodam Kodam IX Udayana, Mayjen Komarudin Simanjuntak, sebagaimana dikutip Jakarta Post (21/6).

Belum jelas di mana keluarga Obama akan tinggal di Bali. Selama ini mereka memiliki tradisi liburan Natal selalu kembali ke tempat Barack Obama dibesarkan di negara bagian Hawaii yang terkenal dengan pantai-pantai cantik, sehingga diantisipasi keluarga ini pun akan menikmati keindahan pantai Bali.

Dari Bali diberitakan mereka akan menuju Yogyakarta guna mengunjungi Borobudur, sebelum ke Kongres Diaspora Indonesia. Kepastian kehadiran Obama dalam kongres diaspora ini disampaikan Ketua Board of Trustees Indonesian Diaspora Network Global (IDNG), Dino Patti Djalal dalam konferensi pers di Jakarta, Senin siang (12/6).

"Prosesnya dimulai sejak enam bulan lalu, dimulai dengan pendekatan kami ke kantor Obama Foundation di Washington DC, dan dari sana ada proses yang cukup panjang… Alhamdulillah, baru kita mendapat kabar bahwa Indonesia khususnya konvensi diaspora Indonesia akan menjadi Obama’s first Asia speech.. jadi pidato di Asia yang pertama bagi Presiden Barack Obama sejak lengser dari kedudukannya sebagai Presiden Amerika," ungkap Dino kepada wartawan. Dino Patti Djalal merupakan Dubes Indonesia untuk AS semasa Presiden Obama menjabat.

Ketika menjabat Presiden Obama mengadakan dua kali kunjungan ke Indonesia, tahun 2010 dan 2014. Di tahun 2010 pidatonya di Universitas Indonesia disambut hangat, khususnya ketika ia berbicara Bahasa Indonesia termasuk "pulang kampung nih!" dan "Indonesia bagian dari saya" serta menirukan teriakan tukang sate dan bakso dari ingatan masa kecilnya.

Semasa kecil Presiden Obama tinggal di Jakarta selama empat tahun bersama ibunya Ann Dunham dan ayah tirinya Lolo Soetoro. Ann dan Lolo memiliki seorang putri, Maya Soetoro-Ng yang sangat dekat dengan Obama sekeluarga.

Obama bersama adiknya Maya Soetoro, ibunya Ann Dunham dan ayah tirinya Lolo Soetoro, di Jakarta.
Obama bersama adiknya Maya Soetoro, ibunya Ann Dunham dan ayah tirinya Lolo Soetoro, di Jakarta.

Presiden Obama juga dilaporkan akan dijamu Presiden Jokowi di Istana Bogor, Jawa Barat.

Ia dikabarkan akan ditemani istrinya Michelle Obama dan kedua putri mereka Malia dan Sasha. Sejak meninggalkan Gedung Putih keluarga Obama tidak kembali ke kota tempat tinggal mereka di Chicago, melainkan membeli rumah di Washington, DC, di kawasan elit Kalorama, tak jauh dari tempat tinggal Ivanka Trump dan Jared Kushner, putri dan menantu Presiden Trump.

Barack dan Michele memutuskan tetap tinggal di Washington, DC untuk menunggu putri bungsu mereka Sasha yang kini berusia 16 tahun selesai SMA. Sementara puteri sulung mereka, Malia, akan mulai kuliah di universitas bergengsi almamater Obama, Harvard University pada musim gugur tahun ini.

Kediaman keluarga Obama di kawasan Kalorama di Washington D.C.
Kediaman keluarga Obama di kawasan Kalorama di Washington D.C.

XS
SM
MD
LG