Tautan-tautan Akses

Negara-negara Arab Ajukan Tuntutan Terhadap Qatar


Kru Al-Jazeera International bekerja di studio mereka di Doha, Qatar, 1 Januari 2015. (Foto:dok).

Arab Saudi dan negara-negara Teluk, yang telah memutus hubungan dengan Qatar karena negara itu diduga mendukung organisasi-organisasi teroris, telah mengajukan serangkain tuntutan terhadap Qatar.

Kuwait -- yang menjadi penengah antara Qatar dan empat negara Arab (Arab Saudi, Bahrain,Uni Emirat Arab dan Mesir) -- mengajukan tuntutan terhadap Qatar yang termasuk diantaranya: memutus hubungan dengan Iran, menutup misi dilomatiknya di sana, dan menutup organisasi media berita al-Jazeera yang berbasis di Qatar dan afiliasi-afiliasinya.

Tuntutan itu juga mencakup seruan agar Qatar memutus hubungan dengan semua organisasi teroris, khususnya Ikhwanul Muslimin, ISIS, al-Qaida dan Hezbollah, serta secara resmi menyatakan bahwa kesemua organisasi itu adalah kelompok-kelompok teroris.

Negara-negara Arab itu menginginkan Qatar segera menghentikan keberadaan militer Turki di Qatar dan semua kerjasama militer dengan Turki di wilayah Qatar.

Negara-negara itu juga menuntut Qatar agar berhenti mendanai individu-individu, kelompok-kelompok atau organisasi-organisasi yang dianggap teroris oleh keempat negara tersebut, Amerika Serikat dan negara-negara lain.

Negara-negara Teluk menginginkan Qatar menyerahkan tokoh-tokoh teroris dan buronan-buronan lainke negara asal masing-masing jika mereka memang terbukti warga dari salah satu dari empat negara Arab itu.

Negara-negara Arab tersebut memberi Qatar waktu 10 hari untuk memenuhi tuntutan mereka, namun tidak menyebutkan apa yang akan terjadi jika Qatar mengabaikannya. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG