Tautan-tautan Akses

Pakistan Bersikap Netral dalam Pertikaian Qatar dan Saudi Serta Tidak Akan Jadi Penengah


People look at artwork at the Stedelijk Museum, which reopened after the ease of coronavirus-related lockdown measures, in Amsterdam, Netherlands.
People look at artwork at the Stedelijk Museum, which reopened after the ease of coronavirus-related lockdown measures, in Amsterdam, Netherlands.

Kalangan analis mengatakan Pakistan tidak memiliki wibawa yang cukup untuk melakukan mediasi guna mengakhiri pertikaian antara sekutu-sekutu di kawasan Teluk Persia karena akan berdampak merugikan kalau perseteruan ini berlangsung terus atau berubah menjadi kekerasan.

Pakistan ingin melakukan mediasi guna mengakhiri pertikaian antara sekutu-sekutu di kawasan Teluk Persia karena akan berdampak merugikan kalau perseteruan ini berlangsung terus atau berubah menjadi kekerasan, tetapi kata analis Pakistan tidak memiliki wibawa yang cukup.

Arab Saudi, Bahrain, Mesir, dan Persatuan Emirat Arab memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar pada 5 Juni dan memutuskan hubungan darat, udara, dan laut. Kata mereka, Qatar punya hubungan dengan teroris, sebuah klaim yang dibantah keras oleh Qatar.

Qatar semakin terisolasi akibat perselisihannya dengan Afghanistan dan India, kedua negara itu menuduh Qatar melindungi kelompok teroris yang melancarkan serangan di kedua negara itu. Sementara itu Pakistan tidak memiliki wibawa baik dari segi ekonomi maupun diplomasi untuk menekan Qatar atau Arab Saudi agar membuat konsesi yang dibutuhkan guna mengakhiri pertikaian. [jm]

XS
SM
MD
LG