Tautan-tautan Akses

Mulai Liburan Nostalgia, Obama Tiba di Bali


Mantan Presiden AS Barack Obama dan Michelle Obama meninggalkan Pangkalan Militer Pearl Harbor-Hickam di Hawaii bulan Januari 2017. (Foto: dok.)

Mantan Presiden Amerika Barack Obama dan keluarga tiba di Bali Jumat malam (23/6) untuk memulai liburannya di Indonesia, dimana ia pernah tinggal dan sekolah ketika masih kanak-kanak.

Kantor berita Associated Press mengutip pernyataan Danlanud Ngurah Rai Denpasar Kolonel Wayan Superman yang mengatakan Obama tiba bersama istrinya Michelle dan kedua putrinya – Malia dan Sasha – dengan pesawat jet pribadi. Adik tiri Obama – Maya Soetoro-Ng – tampak menemani keluarga bekas orang nomor satu di Amerika itu.

Beberapa Pejabat Indonesia Ikut Sambut Obama di Bali

Meskipun ini merupakan lawatan pribadi, tetapi sejumlah pejabat ikut menyambut kedatangan Obama, antara lain Gubernur Bali I Made Mangku Pastika, Pangdam IX Udayana Mayjen Komarudin Simanjuntak, Danlanud Ngurah Rai Kolonel Penerbang Wayang Superman dan Kapolresta Denpasar Kombes Hadi Purnomo. Hanya Kapolda Bali Irjen Pol. Petrus G. Golose yang dilaporkan tidak hadir. Penjagaan di Bandara Ngurah Rai sangat ketat, dimana tampak puluhan anggota TNI bersenjata lengkap dan sebuah mobil taktis jenis Baracuda.

Kompas.com mengutip Humas Angkasa Pura I Ngurah Rai – Arie Ahsannurohim mengatakan “dilakukan custom clearance and bagasi dulu, sempat ada seremonial foto sebelum keluar. Total satu jam kurang lebih.” Ditambahkannya, Obama mengenakan celana jins biru muda, t-shirt biru tua dan sepatu kasual putih.

Selepas acara seremonial itu Obama bertolak menuju kawasan resor Four Seasons di Ubud, Gianyar; dimana ia dijadwalkan akan menginap hingga Rabu mendatang (28/6). Selain berlibur di Bali, Obama dan keluarga juga akan mengunjungi kota Yogyakarta, yang sempat menjadi tempat penelitian antropologi mendiang ibunya – Ann Dunham.

Obama Sempat Habiskan Masa Kanak-Kanak di Indonesia

Obama bersama adiknya Maya Soetoro, ibunya Ann Dunham dan ayah tirinya Lolo Soetoro, di Jakarta.
Obama bersama adiknya Maya Soetoro, ibunya Ann Dunham dan ayah tirinya Lolo Soetoro, di Jakarta.

Obama pindah ke Indonesia tahun 1967 pada usia enam tahun setelah ibunya menikah dengan seorang laki-laki Indonesia, Lolo Soetoro. Meskipun perkawinan kedua itu hanya bertahan hingga tahun 1980, Ann Dunham tetap melanjutkan penelitian antropologinya di Indonesia. Keluarga Soetoro sempat tinggal di daerah Menteng Dalam, Jakarta Selatan selama 2,5 tahun dan Obama belajar di kelas satu hingga kelas tiga di sekolah dasar Katholik Asisi. Tahun 1970 keluarga ini pindah ke Matraman Dalam, Jakarta Pusat dan Obama pindah sekolah ke Sekolah Dasar Besuki untuk menyelesaikan kelas tiga dan empat. Pada tahun yang sama pasangan Lolo Soetoro dan Ann Dunham memiliki seorang putri, Maya Kassandra Soetoro. Namun setahun kemudian Ann memutuskan mengirim kembali Obama ke Hawaii untuk melanjutkan pendidikan disana dan tinggal bersama kakek-neneknya. Ann, Lolo dan putri mereka Maya ikut pindah ke Hawaii tahun 1972, dimana Ann menyelesaikan studinya di University of Hawaii.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia Arrmanatha Nasir mengatakan Presiden Indonesia Joko Widodo telah mengundang Obama untuk berlibur setelah tidak lagi menjabat sebagai presiden Amerika. Jokowi juga mengundang Obama sekeluarga untuk berkunjung ke Istana Bogor dalam liburan selama sembilan hari ini.

Obama Dilaporkan Akan Berkunjung ke Borobudur & Bicara di Kongres Diaspora Indonesia

Media-media di Indonesia melaporkan Obama dan keluarga akan mengunjungi Candi Borobudur di Yogyakarta. Belum ada laporan apakah ia juga akan menjenguk saudara-saudara dari pihak ayah tirinya di kota itu.

Obama dijadwalkan berbicara di Kongres Diaspora Indonesia di Jakarta pada tanggal 1 Juli. Kepastian kehadiran Obama dalam kongres diaspora ini disampaikan Ketua Board of Trustees Indonesian Diaspora Network Global (IDNG), Dino Patti Djalal dalam konferensi pers di Jakarta, Senin siang (12/6). "Prosesnya dimulai sejak enam bulan lalu, dimulai dengan pendekatan kami ke kantor Obama Foundation di Washington DC, dan dari sana ada proses yang cukup panjang… Alhamdulillah, baru kita mendapat kabar bahwa Indonesia khususnya konvensi diaspora Indonesia akan menjadi Obama’s first Asia speech... jadi pidato di Asia yang pertama bagi Presiden Barack Obama sejak lengser dari kedudukannya sebagai Presiden Amerika," ungkap Dino kepada wartawan. Dino Patti Djalal merupakan Dubes Indonesia untuk AS semasa Presiden Obama menjabat.

Ketika menjabat Presiden Obama mengadakan dua kali kunjungan ke Indonesia, tahun 2010 dan 2014. Di tahun 2010 pidatonya di Universitas Indonesia disambut hangat, khususnya ketika ia berbicara Bahasa Indonesia termasuk "pulang kampung nih!" dan "Indonesia bagian dari saya" serta menirukan teriakan tukang sate dan bakso dari ingatan masa kecilnya. [em]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG