Tautan-tautan Akses

Gelar Kongres di Jakarta, Indonesian Diaspora Network akan Hadirkan Obama


Dino Patti Djalal (tengah) dalam sesi Konferensi Pers Kongres Diaspora Indonesia di kantor IDNG Jakarta, Juni 12, 2017 (foto: VOA/Ahadian Utama)

Presiden Amerika Serikat ke-44 Barack Obama dijadwalkan hadir untuk membuka Kongres Diaspora Indonesia ke-4 di Jakarta, 1 Juli mendatang. Obama rencananya akan menyampaikan pidato kunci dalam pembukaan kongres tersebut.

Kepastian kehadiran Obama dalam kongres diaspora ini disampaikan langsung oleh Ketua Board of Trustees Indonesian Diaspora Network Global (IDNG), Dino Patti Djalal dalam konferensi pers di Jakarta, Senin siang (12/6).

“Prosesnya dimulai sejak 6 bulan lalu, dimulai dengan pendekatan kami ke kantor Obama Foundation di Washington DC, dan dari sana ada proses yang cukup panjang… Alhamdulillah, baru kita mendapat kabar bahwa Indonesia khususnya konvensi diaspora Indonesia akan menjadi Obama’s first Asia speech.. jadi pidato di Asia yang pertama bagi Presiden Barack Obama sejak lengser dari kedudukannya sebagai Presiden Amerika,” ungkap Dino kepada wartawan.

Kongres Diaspora Indonesia adalah perhelatan yang dilaksanakan setiap dua tahun sekali oleh Indonesian Diaspora Network Global. Jaringan ini dibentuk saat kongres Diaspora Indonesia yang pertama di Los Angeles tahun 2012 lalu.

Kongres ke-4 ini akan dilaksanakan selama 4 hari, dari tanggal 1 hingga 4 Juli 2017, dengan tema “Bersinergi Bangun Negeri.” Kongres ini akan dihadiri masyarakat Indonesia dari seluruh Dunia untuk membahas berbagai isu ekonomi, sosial dan budaya, dengan tujuan meningkatkan kehidupan masyarakat Indonesia di tanah air maupun di luar negeri.

Dino Pati Djalal juga mengatakan, tujuan kongres ini untuk menghimpun potensi-potensi yang dimiliki Diaspora Indonesia agar bisa memberikan nilai tambah bagi pembangunan di Indonesia.

Kongres kali ini akan diadakan dalam 12 sesi dan akan dihadiri 40 pembicara diaspora Indonesia yang berprestasi dari berbagai latar belakang, seperti Sehat Sutardja (Co-founder Marvell Technology Group, Diaspora RI di AS), Romo Markus Solo (Direktur Dialog Antar Agama, Diaspora RI di Vatikan) serta Tania Gunadi (aktris, Diaspora RI di AS). Konvensi ini diperkirakan akan menjadi pertemuan diaspora Indonesia terbesar dengan sekitar 5000 peserta yang datang dari dalam dan luar negeri. [au/as]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG