Tautan-tautan Akses

Mafia Italia Kabur dari Penjara Uruguay


Foto Rocco Morabito bertanggal 3 September 2017 saat ditagkap di sebuah hotel di Montevideo, Uruguay (foto: Polisi Italia via AP)

Bos Mafia Italia yang terkenal telah melarikan diri dari sebuah penjara di Uruguay di mana ia menunggu ekstradisi ke Italia.

Rocco Morabito dan tiga tahanan lain kabur dari Lembaga Rehabilitasi Nasional di Montevideo "melalui atap," kata kementrian dalam negeri Uruguay Senin.

Para buron itu menuju sebuah peternakan terdekat dan merampok pemiliknya, kata pernyataan kementrian itu.

Morabito seorang anggota kartel Ndrangheta atau Calabria sebelumnya adalah salah satu buron Italia yang paling dicari-cari sejak 1994. Ia ditangkap di Uruguay pada 2017 setelah 20 tahun lebih dalam pelarian.

Ia dijatuhi hukuman 30 tahun penjara oleh pengadilan Italia dimana Jaksa mengatakan Morabito berperan penting dalam operasi perdagangan narkoba antara Amerika Selatan dan Milan.

"Sangat mengecewakan seorang penjahat seperti Rocco Morabito, bos Ndrangheta, berhasil melarikan diri dari penjara Uruguay ketika menunggu ekstradisi ke Italia," kata Menteri Dalam Negeri Italia Matteo Salvini di Twitter. "Saya membuat dua janji: menyelidiki penuh pelarian itu, meminta penjelasan langsung dari pemerintah Montevideo dan mengejar Morabito, di mana pun ia berada, untuk menjebloskannya ke penjara yang pantas baginya.

''Ketika ditangkap, Morabito menjalani kehidupan mewah menggunakan identitas Brasil palsu dan paspor Portugal palsu. [my/ft]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

Recommended

XS
SM
MD
LG