Tautan-tautan Akses

Pihak Berwenang Eropa Kordinasikan Pengerebekan Mafia Italia


Berbagai jaksa berkomentar mengenai Operasi Pollino dengan penggerebekan di empat negara yang menargetkan mafia Calabria dalam konferensi pers di markas Eurojust di Den Haag, Belanda, Rabu, 5 Desember 2018.

Pihak berwenang di Jerman, Italia, Belgia dan Belanda melancarkan aksi penggerebekan terkordinasi, Rabu (5/12), dalam usaha mereka menumpas sebuah mafia Italia.

Aksi penggerebekan itu merupakan puncak dari upaya penyelidikan yang diberi nama Pollino, yang dilancarkan pada 2016 untuk menumpas kelompok kriminal 'Ndrangheta', kata Eurojust, badan Eropa yang memerangi kejahatan terorganisasi lintas perbatasan, yang mengkoordinasikan operasi itu. Kelompok 'Ndrangheta' diduga melakukan penyelundupan kokain, pencucian uang, penyuapan dan kekerasan.

Di Jerman, polisi federal mengatakan telah melangsungkan serangkaian penggerebekan Rabu dini hari, di tempat-tempat yang diduga memiliki kaitan dengan kelompok kejahatan yang berbasis di Italia selatan itu.

Fokus penggerebekan mereka adalah North Rhine-Westphalia, di bagian barat Jerman yang berbatasan dengan Belanda, Belgia dan Bavaria.

Belum ada rincian lebih jauh, namun Eurojust dijadwalkan akan melangsungkan konferensi pers di Den Haag hari ini. [ab]

Recommended

XS
SM
MD
LG