Tautan-tautan Akses

Lady Gaga Galang Dana $35 Juta untuk Perangi Wabah Corona


Lady Gaga saat tampil di paruh waktu laga final sepak bola Amerika, Super Bowl 51, antara New England Patriots dan Atlanta Falcons di Houston, 5 Februari 2017.

Untuk mengatasi pandemi virus corona, Lady Gaga menggalang dana $35 juta dan akan menyiarkan acara musik pada 18 April. Sedangkan penyanyi Pink, yang sempat dinyatakan positif tertular virus itu, menyumbang $1 juta untuk dua institusi. 

Lady Gaga dan organisasi advokasi Global Citizen telah menggalang $ 35 juta untuk menangani pandemi virus corona. Ia juga akan meluncurkan acara TV khusus pada 18 April untuk meredam wabah virus itu. Acara itu akan menampilkan penyanyi kawakan Paul McCartney, Stevie Wonder dan Billie Eilish.

Senin (6/4) lalu, Gaga mengatakan, uang itu dikumpulkan dalam tujuh hari dan akan disumbangkan ke Organisasi Kesehatan Sedunia (World Health Organization/WHO).

Penyanyi itu dan Global Citizen juga mengumumkan "One World: Together at Home," acara televisi untuk meredam wabah virus corona. Acara itu akan disiarkan pada 18 April, pukul 20.00 waktu Amerika Timur atau 19 April pagi di Indonesia, secara serentak di beberapa jaringan televisi serta iHeartMedia dan Bell Media.

“Saya ingin mengulangi rasa terima kasih yang dalam kepada komunitas medis. Saya sangat trenyuh, kalian, para dokter UGD dan perawat, tidur di mobil untuk memastikan kalian tidak menularkan virus itu ke keluarga atau pasien. Kalian menempatkan diri dalam bahaya demi membantu dunia dan kami semua menghargai apa yang kalian lakukan,” kata Lady Gaga dalam jumpa pers dengan WHO, Senin (6/4).

Acara khusus di televisi itu akan berlangsung beberapa jam, dan disiarkan langsung di YouTube, Apple, Facebook, Instagram, Twitter dan beragam media lain. Penyanyi lain yang akan tampil adalah Elton John, John Legend, Chris Martin dari Coldplay, dan Andrea Bocelli. Beberapa orang terkenal juga akan memeriahkan acara itu seperti David Beckham dan aktor Idris Elba. Elba dan istrinya dinyatakan positif tertular virus corona.

Gaga mengatakan uang yang terkumpul akan membantu membeli alat pelindung diri yang sangat dibutuhkan petugas kesehatan, meningkatkan kapasitas laboratorium dan penelitian dan pengembangan lebih lanjut bagi kemungkinan obat dan vaksin untuk mengatasi virus baru corona itu. Gaga mengatakan, ia berencana mengumpulkan lebih banyak uang. Namun dia menambahkan acara khusus itu bukan penggalangan dana.

"Singkirkan dompet Anda... duduk dan nikmati pertunjukan yang layak kalian dapatkan," ujar Gaga.

Sebelumnya, penyanyi Pink, juga mengumumkan menyumbang masing-masing $500.000 untuk dua institusi.

Dalam cuitan di Twitter, Pink mengatakan, ia dan putranya, usia tiga tahun, dinyatakan positif tertular virus corona, dan menjalani karantina di rumah. Ketika kemudian mereka melakukan uji usap lagi beberapa hari lalu, hasilnya negatif.

Peraih hadiah Grammy itu menyumbang $1 juta untuk membantu penanganan pandemi virus corona, $500.000 untuk Rumah Sakit Temple University di Philadelphia dan dana respon COVID-19 yang dikelola Wali Kota Los Angeles.

Menurut Pink, para petugas kesehatan adalah “pahlawan” dan ia mengakhiri postingannya di Twitter dengan seruan: "Dua minggu ke depan ini sangat penting: saya minta kalian tinggal di rumah," tulisnya. [ka/jm]

XS
SM
MD
LG