Tautan-tautan Akses

Korut Ancam AS Kalau Latihan Militer Bersama dengan Korsel Diadakan


Para pengunjung menonton tayangan berita yang menampilkan gambar Presiden AS Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un di sebuah stasiun kereta api di Seoul, 29 November 2017.

Korea Utara memperingatkan, Sabtu (3/3) pihaknya akan membalas kalau Amerika mengadakan latihan militer bersama bulan depan dengan Korea Selatan, dengan mengemukakan itu akan menghambat pencairan baru-baru ini hubungan antara kedua Korea.

Pencairan tersebut akan diuji ketika latihan itu, yang ditangguhkan selama berlangsungnya Olimpiade Musim Dingin di Korea Selatan, mulai bulan Maret sampai awal April.

Penasehat keamanan Korea Selatan mengatakan pekan ini latihan bersama itu akan dimulai awal April, menurut kantor berita Korea Selatan Yonhap.

Baca juga: AS, Korsel Tunda Latihan Militer pasca Olimpiade Musim Dingin

Korea Utara, yang yang nama resminya Republik Rakyat Demokrat Korea , telah berkali-kali menyebut latihan itu sebagai ancaman.

“Kalau Amerika mengadakan latihan militer bersama sementara mempertahankan sanksi terhadap Korea Utara, Korea Utara akan melakukan balasan terhadap Amerika dengan cara pembalasannya sendiri dan Amerika akan dianggap bertanggung-jawab atas konsekuensi yang menyusul,” kata kantor berita resmi Korea Utara dalam komentarnya.

Amerika mengumumkan tanggal 23 Februari bahwa Amerika mengenakan seperangkat sanksi paling besar terhadap Korea Utara dalam usaha menekan negara itu agar meninggalkan program pengembangan misil jarak-jauh dan nuklirnya. [gp]

XS
SM
MD
LG