Tautan-tautan Akses

AS

Konvensi Demokrat Diadakan Secara Virtual Senin


Salah seorang peserta konvensi Partai Demokrat menyemangati Joe Biden dalam konvensi di Philadelphia, Pennsylvania, 27 Juli 2016. (Foto: Reuters)

Partai Demokrat AS akan membuka konvensi nasional pada Senin (17/8), yang akan digelar secara daring (online). Konvensi yang akan berlangsung selama empat hari itu diikuti oleh para delegasi dan pembicara dari seluruh AS.

Mereka punya satu misi yaitu membantu mantan Wakil Presiden Joe Biden, 77 tahun, untuk mengalahkan Presiden Donald Trump dalam pilpres November.

Sederet tokoh Demokrat, termasuk mantan presiden Barack Obama dan Bill Clinton serta kandidat presiden 2016 Hillary Clinton, akan memuji Biden dan calon wakilnya, Senator California Kamala Harris. Harris adalah perempuan berkulit hitam dan keturunan Asia Selatan pertama yang dicalonkan sebagai wapres AS.

Konvensi itu apakah menjadi perhelatan politik yang tak pernah terjadi sebelumnya, karena dilakukan secara daring.

Partai Demokrat tadinya berencana mengadakan konvensi di Kota Milwaukee, negara bagian Wisconsin. Namun karena pandemi virus corona yang melarang pertemuan skala besar dan terus bertambahnya jumlah jumlah orang yang terinfeksi setiap hari, para pejabat partai memerintahkan para delegasi dan pembicara untuk tinggal di rumah.

Biden akan menerima nominasi presiden dari partai Demokrat di negara bagian asalnya, Delaware. Di sana dia hanya akan didampingi oleh para pembantu dan penasihat politiknya. Dalam konvensi normal, seorang kandidat presiden bisa berinteraksi dengan para pendukung politiknya.

Sementara Presiden Donald Trump berencana menerima nominasi partai Republik untuk kedua kalinya pada 27 Agustus. Dia akan berpidato dari halaman Gedung Putih, karena para pejabat Republik memutuskan membatasi konvensi mereka di Charlotte, negara bagian North Carolina. [vm/pp]

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG