Tautan-tautan Akses

AS

Biden Tak Akan Hadir di Konvensi Nasional Partai Demokrat


Capres Partai Demokrat dan Mantan Wakil Presiden AS, Joe Biden

Mantan Wakil Presiden AS Joe Biden memutuskan tidak melakukan perjalanan ke Milwaukee, Wisconsin, untuk menerima nominasi presiden pada konvensi nasional Partai Demokrat pada akhir bulan ini karena pandemi virus corona yang “memburuk”, kata penyelenggara konvensi, Rabu (5/8).

Partai itu menyatakan tidak seorang pun pembicara dalam konvensi yang direncanakan itu akan pergi ke kota di wilayah tengah dan di daerah pegunungan AS itu untuk "mengurangi risiko kesehatan masyarakat tuan rumah konvensi Demokrat serta tim penyelenggara, aparat keamanan, mitra masyarakat, media dan pihak-pihak lainnya." Biasanya sekitar 50.000 delegasi konvensi, panitia pelaksana dan media akan menghadiri acara yang berlangsung selama empat hari itu mulai 17 Agustus mendatang.

Banyak acara konvensi itu akan diselenggarakan secara virtual, kemungkinan dihubungkan ke beberapa kota, tidak akan ada kemeriahan yang biasanya menyertai acara empat tahunan tersebut. Biasanya, puncak acara pada malam terakhir konvensi adalah pidato dari kandidat presiden disusul oleh penjatuhan ribuan balon merah, putih dan biru di dalam gedung konvensi tersebut.

Para pejabat partai tingkat nasional tidak menyebutkan dari mana Biden akan menyampaikan pidato penerimaan nominasi pada 20 Agustus 2020, namun penyelenggara konvensi di Milwaukee menyatakan itu akan dilakukan dari rumahnya di bagian timur Amerika, di negara bagian Delaware.

Sementara itu Partai Republik mengadakan konvensi kecil mulai 24 Agustus untuk mencalonkan kembali Presiden Donald Trump di Charlotte, North Carolina. [mg/jm]

XS
SM
MD
LG